KM Lambelu telah bersandar di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Selasa (14/04/2020).

Kasus Corona di KM Lambelu, 66 Awak Dinyatakan Positif

Sabtu, 18 April 2020 | 14:38 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Sebanyak 66 Awak Kapal Motor (KM) Lambelu dinyatakan positif Corona atau Covid-19. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kesekretariatan PT. PELNI (Persero), Yahya Kuncoro, Sabtu (18/04/2020).

Yahya menjelaskan, bahwa hasil tersebut dipaparkannya berdasarkan hasil pemeriksaan swab atau spesimen tenggorokan kepada 109 awak kapal pada Selasa, (14/04/2020) lalu. Dalam hasilnya, 66 orang ini merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG).

Sementara itu, 43 orang lainnya yang dinyatakan negatif Covid-19. Sisanya, kondisi kesehatan mereka dalam keadaan baik.

Seluruh awak KM Lambelu saat ini melakukan isolasi mandiri di kapal. Bahkan, kapal tersebut berada di jarak 2 mil dari Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar.



“Hingga kini, seluruh petugas kapal baik itu ABK maupun mitra yang bekerja pada Kapal PELNI masih menjalani isolasi mandiri di atas kapal dengan pengawasan dari manajemen, KKP, serta Otoritas Pelabuhan setempat. Perkembangan kesehatan kami pantau setiap hari untuk benar-benar memastikan kondisinya,” terangnya.

Pemeriksaan kali ini dilakukan secara menyeluruh. Padahal sebelumnya yang diperiksa hanya 42 orang pada 13 April lalu. Sebanyak 26 orang telah terindikasi terpapar Corona dengan status OTG.

“Total 92 kru kapal seluruhnya teridentifikasi OTG. Kami terus memantau agar seluruh kru dapat menjalani pola hidup bersih dan sehat (PHBS) guna meningkatkan imunitas tubuh selama melakukan isolasi di atas kapal,” tambahnya.

Sembari menjalani karantina didalam kapal, seluruh awak kapal tetap mengatur pola istirahatnya. Serta, kata dia, juga melakukan berbagai aktifitas harian seperti biasanya.

“Tidak ada perlakuan khusus, para kru kapal tetap melakukan aktifitas beribadah seperti biasa, bersosialisasi satu sama lain dengan tetap menerapkan physical distancing, melakukan kegiatan olahraga, berjemur di pagi hari selama 10-15 menit,” ungkap Yahya. (*)


BACA JUGA