Alat rapid test/INT

Periksa ODP dan PDP Corona, Dinkes Makassar Siapkan 7000 Alat Rapid Test

Rabu, 22 April 2020 | 19:06 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar telah menyiapkan sebanyak 7000 alat rapid test. Alat tersebut diperuntukkan untuk memeriksa Orang dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien dalam Pengawasan (PDP) Corona.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinkes Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin. Ia mengatakan, bahwa orang yang masuk dalam kategori tersebut bakal menjadi prioritasnya. Rencananya, pemeriksaan bakal dilakukan besok, Kamis (23/4).

“Besok kita akan laksanakan rapid tes di seluruh puskesmas, yang kita harapkan semua prioritas pasien ODP PDP yang kontak positif,” kata Naisyah saat ditemui di Posko Induk Covid-19 Makassar, Rabu (22/4/2020).

Lebih lanjut, Naisyah juga menyebut bahwa 7000 alat rapid test tersebut telah disiapkan di semua Puskemas yang ada di kota Makassar. Sehingga, orang yang masuk dalam kategori ODP dan PDP bisa memeriksa di Puskesmas terdekat. 



“Lokasinya tergantung jumlah ODP dan PDP dengan kontaknya. Tapi itu fleksibel, kalau misalnya ada puskesmas membutuhkan kita bisa saling dropping ke puskesmas lain,” sambungnya.

Untuk itu, kata Naisyah, masyarakat yang pernah melakukan kontak fisik dengan pasien positif Covid-19 agar segera memeriksakan diri di puskesmas. Sehingga, usai diperiksa, pihaknya bisa secepatnya melakukan pemeriksaan spesimen atau swab.

“Jadi diimbau masyarakat kalau ada merasa kontak positif, suruh up khususnya serumah yang melakukan pemeriksaan swab segera dirinya memeriksa di puskesmas besok,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA