Pemantauan hilal (Dok Gosulsel.com)

Pantau Hilal, BMKG Sulsel Temukan Tanda Besok Puasa Ramadan

Kamis, 23 April 2020 | 11:38 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar melakukan pengamatan hilal pada hari ini, Kamis (23/4/2020). Pihaknya pun menemukan tanda dimana awal Ramadan kemungkinan dimulai besok, Jumat (24/4/2020).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) BMKG Wilayah IV Makassar, Joharman saat dihubungi, Kamis (23/4/2020). Kendati pengamatan resmi baru dilakukan hari ini, namun dari hasil data sebelumnya, pihaknya menemukan tinggi hilal telah di atas tiga derajat pada ufuk bulan.

“Berdasarkan data ketinggian hilal di Makassar sekitar 3 derajat artinya sudah di atas ufuk lama bulan di atas ufuk sekitar 16 menit,” ujarnya. 

Meski begitu, ia mengaku jika pihaknya belum bisa memutuskan mengenai penetapan awal Ramadan. Sebab, kata Joharman, keputusan berada di tangan pihak Kementerian Agama (Kemenag) RI.



“Namun penentuan 1 Ramadan menunggu keputusan Menteri Agama yang diputuskan dalam sidang Hisbat sebentar sore,” ujarnya. 

Sementara itu, adapun pengamatan hilal berlangsung pada hari ini, Kamis (23/4/2020). Pengamatan dilakukan di Kantor BMKG Wilayah IV Makassar. Sedangkan, sidang Hisbat digelar melalui via daring demi mencegah penyebaran Corona atau Covid-19. 

“Kami mulai pengamatan sehabis azhar di kantor dikarenakan pandemi Covid-19 maka kami melakukan pengamatan di kantor BMKG Wilayah IV Makassar,” ujarnya.(*)


BACA JUGA