Alat rapid test/INT

Rapid Test Massal, Dinkes Makassar Temukan 169 Orang Positif Corona

Selasa, 28 April 2020 | 21:01 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar terus melakukan rapid test massal. Pihaknya pun saat ini telah menemukan kasus positif sebanyak 169 orang melalui test ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinkes Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin saat ditemui di Posko Covid-19, Selasa (28/04/2020). Rencananya, mereka yang dinyatakan positif akan diisolasi.

“Yang positif menurut laporan teman-teman, 117 yang positif rapid tesnya. Kita harapkan yang positif rapid test ini kita lakukan isolasi-isolasi dulu,” jelasnya.

Sebelum diisolasi, mereka harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah orang tersebut benar-benar positif atau tidak. Pengambilan spesimen atau swab pun dilakukan.



“Tetapi kemudian kita lakukan pengulangan rapid test, tapi kalau ada yang bergejala, kita langsung pemeriksaan swab,” lanjutnya.

Untuk pelaksanaan rapid test, Naisyah mengaku, jika pihaknya akan terus menggelar test tersebut. Saat ini, sudah ada berada dalam gelombang kedua. Dimana telah dilakukan sejak 23 April lalu.

Sebelumnya untuk gelombang pertama telah ditemukan 52 orang positif Corona. Hasil tersebut ditemukan usai adanya pemeriksaan dari 1.340 orang. Sehingga totalnya saat ini ialah 169 orang.

“Jadi kita mulai rapid test, ini sebenarnya gelombang kedua, gelombang pertama tadi 1.300 bulan lalu, itu 850 untuk masyarakat dan 400 lebih untuk petugas kesehatan. Gelombang kedua ini dimulai kemarin tanggal 23, jadi ini sudah hari keempat, Jumat, Sabtu, Senin, Selasa. Jadi untuk kemarin itu sudah jalan sebanyak 5399, rapid test pada 47 puskesmas,” katanya. (*)


BACA JUGA