Bupati Luwu, Basmin Mattayang meninjau dapur umum Posko Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Luwu yang berada di Kantor Camat Belopa, Minggu (10/5/2020) kemarin
#

Dapur Umum Posko Covid-19 Luwu, Sajikan Menu Buka Puasa Bagi Masyarakat

Senin, 11 Mei 2020 | 15:47 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Kontributor: Eki Dalle - Gosulsel.com

LUWU, GOSULSEL.COM — Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. HM Nurdin Abdullah didampingi Bupati Luwu, Basmin Mattayang meninjau dapur umum Posko Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Luwu yang berada di Kantor Camat Belopa, Minggu (10/5/2020) kemarin.

Dapur ini merupakan sinergitas TNI, Polri dan Pemkab Luwu untuk masyarakat yang terdampak virus Corona-19. Dalam sehari, rata-rata bisa memproduksi 300 paket makanan untuk dibagikan kepada mereka yang terdampak.

“Kami sampaikan terima kasih atas kunjungan Bapak Gubernur, termasuk bupati dan pejabat liannya, ini menambah semangat kami di dapur dan untuk melayani sesuai dengan protap yang ada,” kata Danramil 03/Belopa Kapten CBA Marten Luther.

Danramil menyebutkan menu yang disajikan nasi putih, ayam goreng kecap, telur balado, termasuk sayur-sayuran. Termasuk hari ini untuk buka puasa bubur kacang ijo.



Sajian ini ditujukan untuk masyarakat terdampak, seperti tukang becak, atau mereka yang tidak memiliki lapangan kerja, itu juga yang sehingga mereka tidak memiliki uang untuk yang berbuka puasa.

“Kemarin kami siapkan 300, itu juga jumlahnya di luar personel TNI-Polri yang berjaga di pos, baik itu untuk Dishub, Badan Bencana dan dari Tagana,” jelasnya.

Lanjutnya, dalam proses memasak anggota tim dibagi tugas, mulai dari belanja, meracik, memasak, mengemas, menyajikan makanan, semuanya harus higienis dan sanitasi yang sehat, dan memperhatikan aturan di dapur. Seperti memakai masker, tutup kepala, celemek, dan memperhatikan daftar menu dan gizi makanan terjamin.

“Saat distribusi makanan harus perhatikan 5 T, yakni tepat pada jumlah, mutu, sasaran, tepat guna dan tepat waktu. Semoga pengabdian kita kepada masyarakat, menjadi amal ibadah bagi TNI, Polri, pemerintah bersama rakyat, kita menjadi negara kuat,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA