Pj Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf saat ditemui di Rujab Wali Kota Makassar, Senin (1/6/2020)

Soal Jadwal Penerapan New Normal di Makassar, Ini Jawaban Yusran Jusuf

Senin, 01 Juni 2020 | 22:14 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kota Makassar diketahui tengah bersiap menuju New Normal. Mengenai jadwalnya, Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar pun angkat bicara.

Terkait kapan Makassar akan menerapkan New Normal, Yusran mengaku pemerintah daerah tidak bisa memutuskan hal tersebut. Sebab, hanya pemerintah pusat yang memiliki wewenang.

Begitu juga di pemerintah daerah lainnya. Penerapan konsep kenormalan baru atau new normal diputuskan oleh pemerintah pusat. Sama halnya dengan menetapkan jadwal sekolah, dan pembukaan pusat perbelanjaan.

“Ini kebijakan nasional, kita tidak ada kewenangan,” kata Yusran saat ditemui di Rujab Wali Kota Makassar, Senin (1/6/2020).



Kendati demikian, ia tak menampik jika pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan menuju New Normal. Saat ini, menjalankan protokol kesehatan Covid-19 seperti cuci tangan, menjaga jarak dan menggunakan masker merupakan langkah terbaik untuk menekan jumlah kasus Covid-19.

“Kalau sekolah kan berbagai tingkatan, jadi sangat beda. Jadi kita tidak berani berbuat, tanpa arahan dari pusat,” sambungnya. 

Hal itu lantaran konsep new normal merupakan kebijakan pusat. Saat ini, kata dia, Kota Makassar belum memenuhi syarat New Normal. Pasalnya, jumlah reproduction number (RO) atau angka reproduksi belum dibawah satu.

“Kita R0-nya masih di atas 1, jadi kita menunggu sampai R0 kita di bawah 1,” kata dia.

Untuk menuju status kenormalan baru, pihaknya telah masif melakukan edukasi terhadap masyarakat. “Kita ini masif untuk di bawah, persiapkan lagi video-video edukasi dan nanti disebar di seluruh masyarakat, RT dan RW,” ungkapnya.(*)


BACA JUGA