Pemkot Makassar melalui Dinkes Makassar menggelar rapid test di Pelelangan Ikan Paotere, Rabu (3/6/2020)

Di Paotere, Dinkes Makassar Siapkan 400 Alat Rapid Test

Rabu, 03 Juni 2020 | 17:58 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar telah menyiapkan 400 alat rapid test untuk pedagang dan pembeli di Pelelangan Ikan Paotere. Pemeriksaan rapid ini digelar hari ini, Rabu (3/6/2020).

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin. Adapun 300 alat rapid test dipersiapkan untuk pedagang dan 100 buat pembeli.

pt-vale-indonesia

“Kemudian yang disiapkan 300 sampai 400 stok rapid, karena kita walaupun pedagang 300, tapi siapa tau pembeli yang tiba tiba mau yah kita siapkan,” jelasnya. 

Pemeriksaan rapid ini akan berlangsung hanya satu hari. Hasil dari rapid test juga baru bisa diketahui usai pemeriksaan telah dilakukan secara menyeluruh.

“Sampai saat ini kami tinggalkan tadi belum ada rekapan, masih berjalan prosesnya,” ujarnya. 

Apabila nantinya ditemukan pedagang atau pembeli yang reaktif positif Covid-19, maka mereka diminta untuk menjalani isolasi mandiri. Kemudian, jika ditemukan gejala, maka akan dilanjutkan dengan pemeriksaan swab atau spesimen.

“Kalau dia tanpa gejala dia harus isolasi mandiri. Kalau dia bergejala pastilah kita lakukan pemeriksaan swab, tapi kalau dia tanpa gejala ji kita pantau saja 14 hari kemudian kita ulang lagi, hari ke 10 kita ulang kembali rapid-nya,” jelasnya.(*)


BACA JUGA