Bupati Maros HM Hatta Rahman melakukan inspeksi mendadak (sidak) Aparatur Sipil Negara (ASN)
#

New Normal, Hatta Rahman Sidak ASN Lingkup Pemkab Maros

Kamis, 11 Juni 2020 | 11:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM — Pemberlakuan new normal di lingkup Pemkab Maros, Bupati Maros HM Hatta Rahman melakukan inspeksi mendadak (sidak) Aparatur Sipil Negara (ASN). 

Beberapa kantor yang menjadi sasaran sidak Hatta yakni Sekretariat Daerah, Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan (Kopumdag), Dinas Perikanan dan Kelautan. “Kita melakukan sidak karena sekarang sistem absensi baru, jadi setelah absensi siang kita cek fisik apakah ASN masih di kantor atau pulang,” ujar Hatta. 

Sidak ini dilakukan karena sejak senin kemarin telah diberlakukan new normal di lingkup kantor Bupati Maros sehingga kemungkinan masih ada ASN yang setelah absensi biometrik pulang kembali ke rumahnya. “Kita cek fisiknya, jangan sampai ada cekloknya tapi setelah ceklok malah pulang apalagi sebelumnya kita memberlakukan work from home beberapa bulan,” papar Hatta. 

Terbukti beberapa ASN setelah dicek satu-satu tidak berada di kantornya padahal jam pulang masih beberapa jam lagi. Selanjutnya, sidak akan dilakukan tiap hari untuk memastikan ASN tidak pulang lagi setelah ceklok. 

Sistem ceklok di lingkup Pemkab Maros sendiri berubah sejak new normal diberlakukan. Ceklok tidak lagi dilakukan menggunakan jari tapi dengan biometrik wajah untuk mencegah penyebaran covid-19 dan ceklok dilakukan sebanyak empat kali. Pertama ceklok pagi pukul 07.00 sampai 08.00, pukul 11.30 sampai 12.30 ishoma, 13.00 sampai 13.30 absensi siang dan pulang pukul 16.00 sampai 16.30. Melakukan ceklok di luar jam tersebut akan mempengaruhi kehadiran serta besaran tunjangan penghasilan pegawai (TPP).(*)


BACA JUGA