Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah usai ikut menyalatkan jenazah korban Banjir Bantaeng, Sabtu (13/6/2020)

Pemprov Sulsel Kucurkan Dana Rp16 Miliar untuk Penanggulangan Banjir Bantaeng

Sabtu, 13 Juni 2020 | 23:16 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

BANTAENG, GOSULSEL.COM — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) telah memberikan bantuan berupa dana untuk penanggulangan banjir di Bantaeng. Total dana sebesar Rp16 miliar dikucurkan.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, menyerahkan langsung bantuan tersebut kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantaeng. Bantuan dana ini, terdiri dari dana tanggap darurat sebesar Rp1 miliar dan dana rekonstruksi Rp15 miliar. 

pt-vale-indonesia

“Saya kira banyak saudara-saudara kita butuh kepastian pemerintah. Bahwa bencana ini ada, pemerintah harus hadir,” kata Nurdin Abdullah, Sabtu (13/6/2020).

Pria asal Parepare ini mengatakan, Bantaeng memang merupakan wilayah yang rawan banjir. Sebab, berada pada wilayah pegunungan, dataran rendah dan juga laut. 

“Saya juga jujur selama 10 tahun (menjadi bupati di Bantaeng) kalau sudah hujan kita sudah gelisah semua,” sebutnya.

Sehingga setahun saat menjabat, ia kemudian membangun Cekdam. Dimana untuk menanggulangi banjir yang menjadi persoalan tahunan di kabupaten ini. 

Nurdin sendiri melakukan kunjungan ke Kabupaten Bantaeng. Kunjungan ini dalam rangka melihat kondisi terakhir pasca daerah ini diterjang banjir kemarin. 

Ia melayat ke rumah duka satu korban jiwa yang berada Kampung Beru, Kelurahan Bonto Atu, Kecamatan Bissappu. Kemudian ke Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantaeng.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Sulsel, Junaedi Bakri, menyebutkan, untuk pencairan dana tanggap darurat, Pemprov tinggal menunggu proposal dari pihak Pemkab Bantaeng. Apabila proposal telah diterimanya, maka dananya pun bisa dicairkan.

“Kami di provinsi tinggal menunggu proposal dari Kabupaten Bantaeng untuk kami approve bantuannya. Bantuan ini diharapkan akan betul menyentuh apa yang dibutuhkan oleh masyarakat,” imbuhnya. 

Selain itu, pada kesempatan ini, Kepala BPBD Sulsel menyerahkan bantuan lauk pauk 78 paket, makanan tambahan gizi 78 paket, shelter kit 30 paket dan sandang 100 paket yang diterima langsung oleh Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin.(*)


BACA JUGA