Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Rusmayani Madjid

Objek Pariwisata Makassar Siap Dibuka, Tinggal Tunggu Keputusan Pusat

Selasa, 16 Juni 2020 | 15:52 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM– Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar rupanya sudah bersiap untuk membuka kembali objek pariwisata. Salah satunya ialah telah menyiapkan protokol kesehatan.

Sebelumnya, Kepala Dispar Kota Makassar, Rusmayani Madjid juga telah menemui Pj Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf. Mereka bertemu di Rujab Wali Kota Makassar, Senin (15/06/2020).

Dalam pembahasannya, sektor pariwisata direncanakan bakal dibuka lagi. Rusmayani mengatakan, bahwa protokol kesehatan mesti diterapkan dengan memperhatikan program Cleanliness, Health, and Safety (CHS) Kemenparekraf dan Perwali Nomor 31 Tahun 2020.

“Yang dibahas target wisatawan yang harus terkoreksi kembali, kemudian hal-hal yang harus dibuat seperti protokol untuk industri,” katanya saat dihubungi, Selasa (16/06/2020).



“Dengan yang mengacu pada CHS yang dibuat oleh Kementerian dan Perwali 31 baik dalam bentuk video maupun handbook yang akan dibagikan di bandara, TIC, htl, objek wisata dan lain-lain,” jelasnya. 

Selanjutnya, ia mengaku jika pihaknya sisa menunggu keputusan dari pemerintah pusat. Jika telah disetujui, maka pihaknya bisa kembali membuka objek wisata dan usaha yang bergerak di sektor pariwisata lainnya.

“Harus kebijakan pusat yang diturunkan ke kota dan kabupaten,” ujar Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar.

Untuk diketahui, asosiasi dan pengusaha di sektor pariwisata juga telah bertemu Yusran Jusuf. Mereka juga ingin agar tempat hiburan dan objek pariwisata bisa beroperasi kembali.

“Intinya mereka minta untuk segera bisa beroperasi,” singkat Rusmayani. (*)


BACA JUGA