Ketua Dewan Pengawas Perumda, Andi Muhammad Yasir saat ikut menanam pohon, Jumat (19/6/2020)

Perumda Air Minum Kota Makassar Jaga Kualitas Air Lewat Penanaman 1000 Pohon

Sabtu, 20 Juni 2020 | 08:30 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dalam rangka menjaga kualitas air, Perusahaan Daerah (Perumda) Air Minum Kota Makassar telah menanam sebanyak 1000 pohon. Aksi penanaman pohon ini berlangsung Jumat, (19/6/2020).

Dalam sambutannya, Direktur Umum (Dirum) Perumda Air Minum Kota Makassar, H Sulprian menyampaikan bahwa menjaga ketersediaan air tetap banyak dan berkualitas di muka bumi sudah menjadi peran dari umat manusia. Ada atau hilangnya sumber air pun diakibatkan ulah manusia. Untuk itu, mereka sejatinya mesti sadar jika air sangatlah penting bagi kehidupan.

“Menjaga kelestarian lingkungan merupakan hal mutlak yang harus terjaga, terjamin, dan terpelihara karena lingkungan yang di dalamnya bukan hanya ada pohon, tanah, binatang, dan air. Tetapi lebih dari itu dan semua itu bersinergi untuk menghasilkan kualitas air yang memadai,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata dia, air tdk bisa dibuat dari apapun, dan air hanya tersedia dari alam. Maka penting untuk kita menjaganya. Adapun salah satu caranya ialah dengan melakukan penghijauan. Pencanangan penghijauan dengan menanam 1000 pohon pun dilakukan di semua Instalasi Pengolahan Air (IPA), Saluran Air Baku PDAM, Boster-booster Pump dan Kantor kantor PDAM yang masih memungkinkan.



“Ini juga diharapkan agar dapat menjadi paru – paru kota Makassar untuk dapat mengurai polusi udara menjadi bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita,” sambungnya. 

Di tempat yang sama, Ketua Dewan Pengawas Perumda, Andi Muhammad Yasir, berharap agar kegiatan ini harus terus digaungkan. Karena sangat erat kaitanya dengan PDAM sebagai pengelola air bersih. “Kami berharap agar bukan hanya PDAM. Akan tetapi mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam penanaman pohon ini,” tuturnya. 

Diketahui, 1000 bibit pohon yang ditanam bantuan dari Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel dan Dinas Perkebunan Provinsi Sulsel. Terdiri dari Pohon Mangga, Manggis, Rambutan, Ketapang, Kencana, Trembesi, Mahoni.(*)


BACA JUGA