ilustrasi gerhana matahari.

Jangan Lewatkan, Gerhana Matahari Sebagian Terlihat di Sulsel Hari Ini

Minggu, 21 Juni 2020 | 08:41 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan berlangsung hari ini, Minggu (21/06/2020). Di Sulsel, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa warga bisa mengamatinya sebagai Gerhana Matahari Sebagian (GMS).

“Gerhana yang teramati dari Sulsel berupa Gerhana Matahari Sebagian dengan magnitudo gerhana terentang antara 0,155 di Benteng hingga 0,255 di Masamba,” jelas dalam panduan Gerhana Matahari Cincin 21 Juni yang diterbitkan BMKG.

Secara umum, gerhana di Sulsel kan dimulai pada pukul 15.35 WITA, puncak gerhana terjadi pada pukul 16.30 WITA, dan gerhana bakal berakhir pada pukul 17.19 WITA. Durasi gerhana yang teramati rata-rata adalah selama 1,54 jam.

Termasuk Sulsel, BMKG menyebutkan bahwa gerhana ini akan melewati 432 pusar kota dan kabupaten di 31 provinsi. Sisanya, sebanyak 32 kota dan 3 provinsi tidak dapat menyaksikan gerhana matahari ini. Hal ini disebabkan oleh nilai magnitudo gerhana kurang dari 0.



Adapun kota yang waktu mulai gerhana paling awal ialah di Sabang, Provinsi Aceh yaitu sekitar pukul 13.16. Sementara itu, yang waktu mulainya paling akhir adalah Kepanjen, Jawa Timur (Jatim), adalah sekitar pukul 15.19.

Untuk diketahui, GMC adalah fenomena alam dimana terhalangnya sinar matahari oleh bulan. Peristiwa ini terjadi akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi dan Bulan.

Fenomena gerhana matahari ini hanya terjadi saat fase bulan baru, dan bisa diprediksi kapan terjadinya. Gerhana matahari cincin terjadi saat bulan berada tepat di tengah-tengah matahari dan bumi, tetapi ukuran bulan tampak lebih kecil dibandingkan dengan matahari. (*)


BACA JUGA