Fladiman Maherdi didampingi ayahnya, Makmur Dg Nai memegang piala juara I Liga Pelajar U-14 Foppsi tingkat Provinsi Sulsel 2018

Hebat! Siswa SMP 3 Pattallassang, Gowa Tembus Timnas Pelajar U-14

Kamis, 02 Juli 2020 | 15:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Rusli - GoCakrawala

GOWA, GOSULSEL.COM — Gowa memang dikenal sebagai gudangnya pesepakbola. Daerah berjuluk butta bersejarah ini, banyak melahirkan talenta hebat lapangan hijau. 

Terbaru, Fladiman Maherdi. Tidak tanggung-tanggung, Siswa SMP Negeri 3 Pattallassang itu berhasil tembus skuat Tim Nasional (Timnas) Pelajar U-15.

Fladiman akan membela Indonesia di Turnamen Singapore International Youth Cup 2020 (SINGA Cup). Ajang internasional ini dihelat 2-5 November 2020 mendatang di Singapura. 

Ayah Fladiman, Makmur Daeng Nai sangat gembira. Wajahnya terus berseri. Sesekali senyumnya mengambang saat menceritakan kiprah anaknya dipanggil masuk Timnas Pelajar U-14. 



Ia merasa senang sekaligus bangga. Motivasi dan kerja keras anaknya selama ini berbuah prestasi hebat. Di usianya yang cukup belia, putra kesayangannya itu sudah mendapat kesempatan membela negara tercinta di kancah persepakbolaan tingkat dunia.

“Senang dan bangga tentu saja. Sebagai orang tua, anak saya dipanggil masuk Timnas,” ucap Makmur, Kamis (2/7/2020).

Ia mengungkapkan, surat pemanggilan untuk bergabung ke Timnas Pelajar U-14 diterima Fladiman akhir Juni 2020. Dalam surat pemberitahuan panggilan talentscouting  yang diteken Ketua IO Timnas Pelajar U-14, Sapran, Fladiman Maherdi diminta segera bergabung dan melengkapi administrasi untuk masuk skuat Timnas Pelajar U-14 di Singa Cup 2020.

“Akhir Oktober 2020, Fladiman bersama skuat Timnas Pelajar U-14 lainnya akan terlebih dahulu mengikuti pemusatan latihan (TC), untuk persiapan tampil di Singa Cup 2020,” beber Makmur. 

Fladiman sendiri, lanjut Makmur mulai aktif bermain bola saat dirinya masuk di Sekolah Sepak Bola (SSB) Hasanuddin. Saat itu, Fladiman berusia 8 tahun. 

Di SSB Hasanuddin milik eks penggawa PSM, Bahar Muharram, Fladiman berposisi sebagai bek. Kemampuan skill dan kecepatan (speed) yang dimiliki Fladiman, membuat dirinya lebih menonjol dibanding rekan-rekannya di SSB Hasanuddin. 

Di SSB Hasanuddin inilah Fladiman banyak dilirik oleh banyak pelatih sepakbola. Selain Bahar Muharram, Fladiman juga pernah dilatih oleh eks penggawa PSM lainnya. Seperti Zain Batola, Paulus, dan Amirullah. 

Di bawah asuhan pelatih ini, kemampuan bola Fladiman makin terasah. Ia pun kerap dipanggil memperkuat sejumlah SSB di pelbagai turnamen. 

Telah banyak prestasi yang ditorehkan Fladiman. Diantaranya, membawa Sulsel masuk 16 besar Kejurnas Putra Arisa Junior League (PAJL) 2018 Seri Nasional di Semarang. Kemudian, bersama Gowata PKG, Fladiman masuk 8 besar Kejurnas Fossbi Palembang, Sumsel 2019. 

Selanjutnya Fladiman juga membawa SSB Gowata Juara Kejurnas Fossbi di Enrekang. Ia juga sukses membawa Askot Makassar Juara I Piala Soeratin U-14.

Puncaknya ketika, Fladiman sukses menjadi Juara I Liga Pelajar Sepakbola Berjenjang U-14 Kejurnas Fossbi Tingkat Povinsi Sulsel, 2-8 Juni 2018. Sebelum akhirnya Ia dipanggil masuk Timnas.

“Skill dan kecepatannya (speed) menjadi kelebihan dia (Fladiman,red). Berposisi sebagai sayap kanan (wing back), Fladiman jadi panutan rekan-rekannya di lapangan. Hampir di setiap pertandingan, Ia pasti cetak gol,” sebut Makmur.

Di dalam diri Diman sapaan akrab Fladiman Maherdi memang mengalir darah sepakbola. Kebetulan, sang ayah, Makmur Daeng Nai juga merupakan aktivis sepakbola. Makmur adalah pendiri sekaligus pelatih SSB Paccellekang. 

“Saya berharap Diman bisa mempersembahkan hasil maksimal di turnamen Singa Cup 2020 bagi Indonesia. Semoga dari sini, Diman kedepan bisa juga tembus Timnas U-16 dan U-17,” ucap Makmur.

Asa Makmur direspon positif sang anak. Fladiman pun berjanji akan mengerahkan kemampuan terbaik di turnamen Singa Cup 2020. Putra pertama pasangan Makmur Dg Nai-Herawati ini siap mengharumkan nama Indonesia, Sulsel dan Gowa di level dunia. 

“Insya Allah saya siap bermain sebaik mungkin. Ini momen langka bagi saya. Target saya mengharumkan negara dan daerah. Mohon doanya,” kunci pemain yang mengidolakan Cristiano Ronaldo dan Evan Dimas itu.(*)


BACA JUGA