PMI Makassar menggelar orientasi relawan tenaga sukarela Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat), di Aula PMI Kota Makassar, Jl Kandea, Sabtu (4/7/2020), dihadiri Ketua PMI Makassar Dr Syamsu Rizal Mi

Ketua PMI Makassar: Sukarelawan Kemanusiaan Profesi Unik

Sabtu, 04 Juli 2020 | 20:27 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — PMI Makassar menggelar orientasi relawan tenaga sukarela Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat).

Acara ini berlangsung di Aula PMI Kota Makassar, Jl Kandea, Sabtu (4/7/2020), dihadiri Ketua PMI Makassar Dr Syamsu Rizal Mi.

Orientasi ini diikuti puluhan peserta dari sibat kecamatan Wajo dan Ujung Pandang.



Dalam arahannya, Syamsu Rizal Deng Ical mengatakan, sukarelawan kemanusiaan adalah profesi yang unik. 

“Unik karna relawan PMI selalu ada di hampir semua segmen bencana alam dan non alam. Sementara jaminan hidup mereka tidak seperti profesi yang lain,” tuturnya.



“Dunia relawan itu sulit di mengerti kalau kita tidak masuk di dalamnya. Seperti saya ini waktu pertama kali masuk jadi relawan di PMI, setiap bencana selaluki ada tapi kita tidak tahu apa yang kita dapatkan,” tambahnya.

Sehingga banyak yang menganggap bahwa dunia kerelawanan itu membuat kita kehilangan banyak waktu.

Padahal banyak sekali nilai positif yang bisa didapatkan, terutama bagaimana menjadi manusia yang bisa bermanfaat bagi orang lain.

“Saya percaya semua yang mengikuti orientasi hari ini merasakan semangat kekompakan dan kebersamaan. Karna manfaat jadi relawan itu banyak dapat teman dan jaringan sehingga itu yang kita bisa manfaatkan untuk bisa menjadi produktif,” tutur Deng Ical.(*)


BACA JUGA