Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Rusmayani Madjid

THM Beroperasi Langgar Protokol Kesehatan, Ini Reaksi Dispar Makassar

Minggu, 05 Juli 2020 | 22:12 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Sejumlah Tempat Hiburan Malam (THM) di Kota Makassar diketahui telah beroperasi. Diantaranya di Barcode, D’Orbit, dan Public.

Bahkan, telah beredar video soal kondisi di Barcode, dimana banyak orang yang telah mengunjungi tempat tersebut, Sabtu (04/07/2020). Dalam video itu, ternyata mereka tak memperhatikan physical distancing dan tak menggunakan masker. 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar, Rusmayani Madjid mengatakan, bahwa pihaknya memang telah mengizinkan THM. Akan tetapi, protokol kesehatan  mesti diperhatikan. 

“Jadi memang sebelum buka, kita beritahukan untuk mengikuti protokol kesehatannya, dan ternyata mereka mau memenuhi, jadi mereka bisa buka. Misalnya tidak boleh kapasitasnya 100 persen, harus setengahnya, tidak ada juga live music, tidak ada Dj,” katanya saat dihubungi, Minggu (05/07/2020).



Namun, adanya kejadian tersebut, kata dia, pihaknya bakal melakukan komunikasi kepada Asosiasi Usaha Hiburan Makassar (AUHM). Sehingga, pihak manajemen THM komitmen untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan selama beroperasi.

“Kita nanti tanya asosiasinya. Karena kemarin sebelum buka sudah ada tanda tangan pernyataan. Kalau didapati hal-hal yang tidak sesuai dengan protokol kesehatan, penutupan 14 hari,” ujarnya. 

Selama ini, ia mengaku jika pengawasan kerap kali tidak dilakukan secara maksimal. Akan tetapi, pihaknya bakal kembali membicarakan hal ini bersama dengan AUHM. Agar mereka terus menerapkan protokol kesehatan demi pencegahan penyebaran Covid-19.

 

“Karena kita tidak mungkin juga mengawasi setiap hari. Nanti kita tanyakan asosiasi,” pungkasnya. (*)


BACA JUGA