Pelaku UMKM Lokal

Gerakan Sejuta Masker Pemkab Gowa Libatkan 114 Pelaku UMKM Lokal

Kamis, 09 Juli 2020 | 11:17 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM — Sebanyak 114 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada di wilayah Kabupaten Gowa dilibatkan dalam pengadaan masker pada Gerakan Sejuta Masker. 

Mereka pun adalah kelompok UMKM yang tersebar diberbagi kecamatan yang ada di daerah berjuluk butta bersejarah ini. 

“Kami menggandeng pelaku UMKM lokal ini dalam hal pengadaan masker. Uang yang kita gunakan juga adalah hasil donasi dari berbagi pihak, karena donasi yang masuk selain dalam bentuk masker juga berupa uang,” kata Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan di sela-sela Launching Gerakan Sejuta Masker, di Gedung Haji Bate, Rabu (8/7/2020). 

Dilibatkannya pelaku UMKM ini kata Bupati Adnan, guna memberikan multiplier effect khususnya terhadap peningkatan pendapatan kepada pelaku UMKM. Apalagi diketahui di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 berbagi sektor berpengaruh, salah satunya pada sektor ekonomi. 



“Ini menjadi pendapatan tambahan untuk pelaku UMKM kita, utamanya mereka yang terdampak Covid-19 ini,” terangnya. 

Bupati Adnan pun berharap, dengan dilibatkannya pelaku UMKM ini maka selain membantu masyarakat lokal yang ada dalam hal pemasukan ekonominya juga sebagai komitmen serius daerah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

“Dengan adanya gerakan ini semoga masyarakat kita semakin disiplin dalam mengikuti protokol kesehatan guna memutus mata rantai penularan Covid-19. Keberhasilan dari gerekan ini terletak pada kebersamaan kita untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” ujarnya. 

Terpisah, salah satu Kelompok UMKM Kabupaten Gowa Nining mengaku sangat terbantu dengan dilibatkannya mereka dalam pengadaan masker tersebut. 

“Kita sangat bersyukur pasti, karena jumlah yang diorder juga banyak. Jadi kami senang,” katanya.

Pengelola Penjahit Reza ini mengaku hal ini memberikan pemasukan tambahan bagi para pengrajin masker. Termasuk para pengrajin kecil. 

“Terimakasih untuk Bapak Bupati Gowa, ini sangat membantu pemasukan kita. Ini bisa menjamin kebutuhan saya dan keluarga selama masa pandemi seperti ini,” akunya. (*)


BACA JUGA