LP2S UMI menggelar Pelatihan Applied Approach (AA) Angkatan IX secara daring via zoom, Senin s/d Kamis (13 s/d 16 Juli 2020)

LP2S UMI Gelar Pelatihan Applied Approach via Daring

Senin, 13 Juli 2020 | 21:33 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar Pelatihan Applied Approach (AA) Angkatan IX secara daring via zoom, Senin s/d Kamis (13 s/d 16 Juli 2020).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor UMI Prof. Dr. H. Basri Modding, S.E, M.Si. Dalam sambutannya, Prof. Basri Modding mengungkapkan, Ucapan Terima Kasih Kepada LP2S terkhusus Ketua Prof. Dr. H. Syahnur Said, SE.,M.Si., sebab meskipun di tengah pandemi Covid-19, LP2S tetap aktif dalam mengembangkan Universitas Muslim Indonesia.

pt-vale-indonesia

Lanjut dikatakan, dosen sebagai tenaga pendidikan, juga sebagai tenaga professional bertugas mendesain perencanaan, pelaksanaan proses, penilaian hasil pembelajaran, pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian.

Di samping itu, melaksanakan tugas tambahan dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk itu, dalam meningkatkan profesionalitas dosen, harus terus dibangun penguasaan kompetensi dalam menjalankan tugas dan aktivitasnya.

“Pengembangan diri menjadi dosen yang profesional dilakukan dengan mengacu kepada penguasaan materi pembelajaran, pendidikan dan pembelajaran. Perlunya peningkatan profesionalisme dosen, karena dosen harus mampu memberikan dampak positif terhadap perguruan tinggi dan mengubah pendekatan instruksional dari teaching university menjadi learning university,” ujar Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI ini.

Karena itu, pelatihan AA sangat penting untuk pengembangan keahlian dosen, mendorong para peserta untuk menjadi kompeten, sesuai dengan tuntutan perkembangan.

Ketua LP2S UMI Prof. Dr. H. Syahnur Said, SE.,M.Si. dalam laporannya mengungkapkan bahwa LP2S tetap melakukan kegiatan yang diagendakan meskipun kondisi pandemi Covid-19.

“Program kerja kami, Alhamdulillah tetap berjalan, meskipun dibatasi dengan adanya kondisi saat ini. Misal pelaksanaan Seminar Proposal Skema Penelitian Internal dilaksanakan secara virtual yang diikuti 162 dosen peneliti yang berlangsung selama 9 hari,” jelasnya.

Lanjut Prof Syahnur, “Hal ini mengacu kepada kebijakan Bapak Rektor UMI tentang psyhical distancing dan work from home tetap kami jalankan dengan memanfaatkan aplikasi daring yang kita miliki, mulai dari seminar hingga penandatangan kontrak perjanjian penelitian,” ungkap Wakil Rektor 1 Periode 2010-2018 ini.

Pelatihan Applied Approach (AA) tersebut, untuk pertama kalinya diadakan secara daring dan dalam pelatihan ini akan diperkenalkan virtual class yang dibangun oleh UMI. Hal ini dilakukan untuk membentuk budaya Teknologi Minded untuk seluruh dosen UMI.(*)


BACA JUGA