Ketua DPRD H. Rijal bertugas membacakan Ikrar Kesetiaan kepada Pancasila pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Bupati berlangsung hikmat, Selasa (1/10/2019)
#

DPRD Bulukumba Telusuri Realisasi Rp26 Miliar Anggaran Covid-19

Kamis, 16 Juli 2020 | 16:37 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba, sementara menelusuri realisasi anggaran Covid-19, di Kabupaten Bulukumba.

Sebelumnya, sebanyak Rp26 miliar anggaran yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), dialihkan untuk penanganan Covid-19.

Ketua DPRD Bulukumba H Rijal mengungkapkan, anggaran tersebut melekat di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang masuk dalam Gugus Tugas Covid-19 Bulukumba.

“Dari Rp26 miliar total, realisasinya baru Rp6-7 miliar, masih ada sekian miliar yang melekat di OPD, inilah yang perlu kita cari tahu,” ujarnya, Selasa (16/6/2020).



Olehnya, DPRD Bulukumba bakal membentuk panitia khusus untuk menelusuri hal tersebut.

Rijal mengaku, keputusan pembentukan pansus telah disepakati melalui mekanisme voting yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Namun, sebelum dilanjutkan ke Badan Musyawarah (Bamus), DPRD Bulukumba mengumpulkan terlebih dahulu seluruh OPD yang ada dalam gugus tugas.

Hal tersebut sebagai untuk mencari data awal, sudah berapa anggaran yang telah digunakan secara pasti dan jenis peruntukannya.

“Pak Bakti dari Komisi D menyarankan untuk kumpulkan seluruh OPD, untuk menanyakan berapa anggaran yang sudah terealisasi. Dan sekarang baru satu OPD yang sudah, PMD, dan hari ini giliran Dinsos,” jelas Rijal.

Hingga saat ini, DPRD Bulukumba telah melakukan pertemuan dengan dua OPD, yakni Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan juga Dinas Sosial.

Rijal juga menjelaskan, bahwa anggaran Covid-19 ini tidak ditetapkan oleh DPRD, namun sesuai dengan edaran Menteri Keuangan dan Mendagri.

“Hanya sekadar penyampaian ke DPRD. Walaupun hanya penyampaian, tapi ini tidak lepas dari pengawasan kita,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA