Ilustrasi bersepeda

Risiko Sebarkan Covid-19, Pemkot Makassar Imbau Kegiatan “Fun Bike” Tak Digelar

Sabtu, 18 Juli 2020 | 10:16 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mengimbau agar seluruh pihak untuk mewaspadai penularan virus Corona atau Covid-19. Sebab, kasusnya kian meningkat tiap harinya.

Kegiatan yang melibatkan banyak orang pun kini diwaspadai. Sebab, bisa saja terjadi penularan Covid-19. Seperti salah satunya ialah acara Fun Bike atau Sepeda Santai.

Pemkot melalui Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Makassar, Mario Said mengatakan, jika kegiatan tersebut tidak dilakukan selama kasus Covid-19 masih tinggi. Apalagi, Makassar masih masuk dalam zona merah.

“Kita mengimbau agar tidak melakukan, karena di masa (pandemi) ini kan belum, Makassar masih zona merah jadi istilahnya dalam kapasitas besar berkumpul, bisa ditunda dulu,” katanya saat ditemui di Posko Covid-19 Makassar, Jumat (17/7/2020).



Terpisah, Asisten I Pemkot Makassar, M Sabri juga mengatakan hal serupa. Ia menegaskan, bahwa ada potensi penyebaran Covid-19 bisa terjadi melalui kegiatan sepeda santai. Sebab, acara itu termasuk mengundang banyak orang hadir.

“Itu tidak boleh, tidak boleh ada sepeda santai untuk sementara. Janganlah, karena itu kan bergerombol,” ujarnya. 

Untuk diketahui, Pemkot sendiri telah bersusah payah untuk menurunkan kasus Covid-19 di Makassar. Adapun upaya pihaknya kali telah tertuang dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 36 Tahun 2020 tentang Percepatan Pengendalian Virus Covid-19 Makassar.

Seiring dengan terbitnya aturan tersebut, maka diberlakukan Surat Keterangan (SK) Bebas Covid-19. Dimana akses keluar masuk warga ke Makassar kini dibatasi. Begitu pula dengan penerapan protokol kesehatan yang mesti dipatuhi, seperti tetap menjaga jarak dan tidak berkerumun.(*)


BACA JUGA