Global Qurban ACT Sulsel distribusikan sapi kurban untuk korban banjir bandang di Masamba

Global Qurban Hadirkan Kurban untuk Pengungsi Banjir Luwu Utara

Jumat, 24 Juli 2020 | 21:18 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MASAMBA, GOSULSEL.COM — Senin, 13 Juli 2020 lalu menjadi memori yang tak akan bisa dilupakan oleh warga Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Banjir bandang malam itu membawa material lumpur, dan pohon-pohon akibat longsor di pegunungan yang terjadi sebelumnya.

Kini, lumpur setebal lebih dari 2 meter yang mengubur permukiman penduduk dan memaksa ribuan keluarga mengungsi meninggalkan harta bendanya.

Di saat para relawan tengah melakukan proses rescue, mereka mendapati seekor sapi sedang terkulai lemas sendirian. Tak ada apapun atau siapapun di sekelilingnya. Ia terlihat kelaparan dan kehausan. Dengan cepat tim relawan pun mencoba memberikan sapi tersebut minum dan makan, juga mencoba untuk membuatnya berdiri namun tak bisa. Sapi tersebut patah kaki, dan keadaannya sangat mengkhawatirkan.

Bertepatan dengan momen kurban, rasanya sedih jika kita tersadar bahwa mungkin tak hanya 1, tapi banyak hewan ternak lain yang ikut menjadi korban kuatnya arus banjir bandang ini. Sementara itu, saudara-saudara kita di pengungsian mungkin tak bisa membayangkan bagaimana sulitnya Hari Raya Iduladha di tengah pengungsian.



Merespon kondisi tersebut, tepat di hari Lebaran Kurban 1441 Hijriah nanti, Global Qurban Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Selatan akan hadir mengobati duka para pengungsi banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara. Andi Syurganda selaku Koordinator Program Global Qurban – ACT Sulawesi Selatan mengungkapkan bahwa daging kurban akan didistribusikan ke unit-unit Posko Kemanusiaan ACT untuk dimasak dan menjadi menu santap bersama para pengungsi.

“Sudah dua pekan berlalu, bencana banjir bandang melanda Masamba, Kabupaten Luwu Utara dan sekitarnya. Puluhan ribu warga mengungsi, ada yang mengungsi ke rumah sanak saudara dan sebagian lainnya ada yang masih bertahan di tenda pengungsian. Warga mengungsi karena rumah mereka rusak berat hingga rata dengan tanah akibat tersapu air bah bercampur lumpur dan kayu gelondongan malam itu. Semoga dengan hadirnya Global Qurban – ACT, para pengungsi dapat merasakan nikmatnya daging qurban saat hari raya Idul Adha seperti masyarakat pada umumnya. Untuk pengadaan hewan, Global Qurban – ACT telah bermitra peternak lokal sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Selanjutnya, hasil daging kurban akan diantarkan ke posko kemanusiaan ACT untuk kemudian diolah hingga siap disajikan kepada para pengungsi.”

Selain Luwu Utara, Global Qurban – ACT juga menyalurkan hewan kurban ke beberapa daerah pelosok di Provinsi Sulawesi Selatan. Dengan pengalaman profesional lebih dari 10 tahun sebagai lembaga penyalur hewan kurban, Global Qurban ACT telah menjangkau 34 provinsi di Indonesia hingga 50 negara di dunia yang terdampak krisis kemanusiaan sehingga memastikan kurban mu sampai kepada pihak yang sangat membutuhkan.

Saat ini, Global Qurban memberi kemudahan kepada para sahabat dermawan yang ingin menunaikan kurbannya dengan menyediakan transaksi online melalui link berikut https://bit.ly/globalqurban1441h.(*)


BACA JUGA