Steering Commitee Musda X Golkar Sulsel saat menggelar konferensi pers di Kantor DPD I Golkar Sulsel, Sabtu (25/7/2020)

Empat Kandidat Siap Bertarung di Musda Golkar Sulsel, Siapa Saja?

Sabtu, 25 Juli 2020 | 22:28 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kandidat Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel sudah mengerucut. Dari 9 nama yang mendaftar untuk maju di Musyawarah Daerah (Musda) X Golkar Sulsel, ada 4 yang telah menyerahkan berkas dukungan 30 persen dari pemegang hak suara ke Panitia Musda.

Adapun keempat bakal calon itu diantaranya, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, Bupati Pangkep, Syamsuddin Hamid, Anggota DPR RI Fraksi Golkar, Supriansa dan Hamka B Kady, telah menyerahkan syarat dukungan di Kantor DPD I Golkar Sulsel, Sabtu (25/7/2020).

Walau Musda X Golkar Sulsel ditunda, yang sebelumnya akan digelar 25 sampai 27 Juli, panitia memberi kesempatan kepada bakal Calon untuk bisa berkomunikasi dan bersosialisasi kepada para pemegang hak suara. Yakni 24 kabupaten/kota, DPD I, DPP, dewan pertimbangan, organisasi didirikan, organisasi mendirikan dan organisasi sayap partai.

“Tahapan penyerahan surat dukungan kita nyatakan ditutup karena sesuai dengan tahapan itu maka proses lebih lanjut kita akan memplenokan dokumen dari bakal calon yang telah memasukkan dan Insya Allah keputusan akhir itu nanti kita serahkan kepada pimpinan musyawarah pada saat pelaksanaan Musyawarah daerah,” ujar Ketua Steering Committee (SC) Musda X Golkar Sulsel, Arfandi Idris.



Selanjutnya, pihaknya akan melakukan tugas verifikasi administrasi maupun verifikasi faktual dan hasil Steering Committee tersebut. Kemudian dilaporkan pada saat pelaksanaan Musda X nanti.

“Di Musda, kita tidak bilang tidak memenuhi syarat atau tidak, tetapi kami akan melaporkan secara keseluruhan apa yang menjadi proses ini sesuai amanat anggaran rumah tangga. Kami diberi wewenang dalam rangka penjaringan itu, nanti keputusan akhirnya itu kami laporkan saat pelaksanaan Musda,” katanya.

Terpisah, Ketua Panitia Musda X Golkar Sulsel, Risman Pasigai mengatakan DPD I sudah meminta kepada DPP Partai Golkar. Agar pelaksanaan Musda digelar di Jakarta.

Mengingat, kata dia, pelaksanaan Musda yang sedianya digelar di Makassar tidak mendapat izin dari Polda Sulsel. Pasalnya, Kota Makassar masih status zona merah Covid-19 dan merupakan episentrum penyebaran virus terbesar di Sulsel.

“Berdasarkan petunjuk dari DPP, pelaksanaan Musda akan digelar di Kantor DPP Partai Golkar. Untuk tanggal pastinya kami belum terima, yang jelas di awal, pertengahan atau akhir Agustus nanti,” kata Risman.(*)