Kadinkes Makassar, Naisyah Tun Azikin saat ditemui di depan Posko Covid-19 Makassar, Senin (27/7/2020)

Kucurkan Dana Rp 9 Miliar, Insentif Tenaga Medis Covid-19 di Makassar Segera Dicairkan

Selasa, 28 Juli 2020 | 18:10 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Tak lama lagi, tenaga medis di Makassar yang menangani pasien Covid-19 akan mendapatkan insentif. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar pun telah menyiapkan anggaran sebesar Rp9 Miliar.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinkes Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin. Ia menyebut bahwa, insentif tersebut bakal dicairkan pada parsial 4 di tahun ini.

“Tinggal tunggu parsial empat. Sudah ada anggarannya di APBD. Tapi tidak bisa dibayar kalau belum masuk parsial 4,” ujar Naisyah saat dijumpai di Posko Covid-19 Makassar, Senin (27/07/2020).

Lebih jauh, Naisyah mengatakan, bahwa total anggaran Rp9 Miliar yang disiapkan, sudah termasuk pembayaran insentif untuk Rumah Sakit (RS) dan Puskesmas penanganan Covid-19.



Naisyah memastikan segala persiapan untuk pencairan insentif telah selesai. Para tenaga medis hanya perlu menunggu waktu waktu untuk pencairan.

“Rp9 miliar dari pusat, termasuk untuk rumah sakit. Tim verifikasi untuk tunjangan nakes adalah Bawasda (Badan Pengawas Daerah). Sudah siap semua, sudah diverifikasi. Tinggal dibayar. Hanya tinggal tunggu parsial 4,” pungkasnya. 

Untuk diketahui, sebelumnya, pemerintah pusat melalui Kementrian Keuangan (Kemenkeu) RI telah mengucurkan dana sebesar Rp3,7 triliun. Dimana dana tersebut digunakan untuk pemberian insentif bagi 99.660 tenaga medis.

Adapun rinciannya, dokter spesialis akan mendapatkan insentif sebesar Rp15 juta, dokter umum dan gigi Rp10 juta. Sementara itu, bidan dan perawat Rp7,5 juta, kemudian tenaga medis lainnya ialah Rp5 juta. (*)


BACA JUGA