Sapi kurban/IST

Di Makassar, 15 Kecamatan Sumbang 6.735 Hewan Kurban Siap Disembelih

Kamis, 30 Juli 2020 | 21:26 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Perayaan Idul Adha 1441 Hijriah akan berlangsung besok, Jumat (31/7/2020). Sebanyak 6.735 hewan kurban akan disembelih.

Dimana, hewan kurban tersebut merupakan sumbangan dari 15 kecamatan yang ada di Makassar. Dengan rincian, sapi sebanyak 6.428 ekor dan kambing berjumlah 487 ekor.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkot Makassar, Aswis Badwi. Ia menyampaikan hal itu dalam update data hewan kurban yang akan dipotong hingga hari ini, Kamis (30/7/2020).

Ia juga menjelaskan, hewan kurban tidak dianggarkan dalam APBD. Namun hal ini merupakan kerelaan dari para pegawai untuk melakukan ibadah kurban.



“Biasanya satu pekan sebelum hari raya, sudah banyak SKPD yang menyumbang. Tapi ini sehari jelang perayaan belum ada data yang masuk. Saya tidak tahu kalau tiba-tiba ada perintah potong besok untuk claning,” jelasnya.

Kecamatan Biringkanaya tercatat paling banyak menyumbang, yakni sebanyak 1.102 hewan kurban. Sementara terendah di Kecamatan Sangkarrang yang hanya 57 ekor.

Lanjut, Aswis menyebut, sistem pemotongan hewan kurban kali ini harus benar-benar aman sehingga tidak terjadi penyebaran Covid-19. Protokol kesehatan pun mesti diperhatikan.

Dalam surat edaran disebutkan beberapa poin. Seperti pemotongan hewan kurban dilakukan di area yang memungkinkan penerapan jarak fisik. Selain itu, pendistribusian daging kurban dilakukan oleh panitia ke rumah.(*)


BACA JUGA