Panitia saat melakukan penyembelihan hewan kurban di halaman Masjid Al-Markaz Al-Islami, Sabtu (1/8/2020)

Hewan Kurban Menurun, Masjid Al-Markaz Hanya Bagikan 1000 Paket Daging

Sabtu, 01 Agustus 2020 | 18:44 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemotongan hewan kurban berlangsung Masjid Al-Markaz Al-Islami pada hari ini, Sabtu (1/8/2020). Tahun ini, sebanyak 30 hewan kurban disembelih oleh pihak masjid.

Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Tebar Hewan Kurban Masjid Al-Markaz, Masykur Yusuf. Dengan rincian, 27 ekor sapi dan 3 ekor kambing.

“Alhamdulillah panitia Idul Adha Kurban Al-Markaz, hari ini sapi hewan kurban sudah terkumpul 27 ekor, untuk kambing 3 ekor,” ujarnya saat ditemui, Sabtu (1/8/2020).

Jumlah hewan kurban ini, kata dia, telah menurun ketimbang tahun sebelumnya. Dulu, pihaknya bisa menyembelih hewan kurban mencapai 50 ekor.



Ia menyebut, jika ada beberapa penyebab penurunan jumlah hewan kurban tahun ini. Salah satunya ialah kurangnya ekonomi warga akibat pandemi Covid-19. 

“Dari kemarin kan jumlah 40 lebih bahkan pernah 50-an sekarang ini 27. Selain itu, banyak yang donasinya ke sembako untuk masyarakat terdampak, kemudian bencana di Masamba banyak juga bawa sapi kurbannya ke sana,” jelasnya. 

Olehnya, paket daging yang akan diberikan kepada masyarakat pun juga turut berkurang. Adapun, kata dia, tahun ini ada 1.000 paket daging yang bakal disebarkan.

“Yah hitung-hitungan saya mungkin kalau sekarang ini 1000-an. Kalau yang dulu bisa sampai 3000-an karena pernah memang 50 ekor apalagi kalau sapinya besar,” kata Masykur.

Sama halnya dengan penyembelihan yang dilakukan menggunakan protokol kesehatan, hal itu juga berlaku saat pembagian. Dimana panitia bakal langsung ke rumah penerima paket daging. 

“Makanya area ini harus steril, diusir orang yang tidak berkepentingan, disini yang boleh duduk yang berkurban, karena daging diantarkan ke rumahnya, jadi tidak berbondong-bondong orang,” tutupnya.(*)


BACA JUGA