Panitia saat melakukan penyembelihan hewan kurban di halaman Masjid Al-Markaz Al-Islami, Sabtu (1/8/2020)

Penyembelihan Hewan Kurban di Masjid Al-Markaz Terapkan Protokol Kesehatan

Sabtu, 01 Agustus 2020 | 18:47 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Tahun ini, Masjid Al-Markaz Al-Islami kembali menggelar penyembelihan hewan kurban pada Sabtu, (1/8/2020). Sebanyak 30 hewan kurban pun disembelih.

Dengan rincian, ada 27 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Yang dimana semuanya merupakan hasil sumbangan dari beberapa organisasi dan perseorangan.

Dalam proses penyembelihan, Koordinator Tebar Hewan Kurban Masjid Al-Markaz, Masykur Yusuf mengatakan, jika pihaknya menerapkan protokol kesehatan. Pasalnya, tingginya kasus Covid-19 masih menghantui Kota Makassar.



“Makanya area ini harus steril, diusir orang yang tidak berkepentingan, disini yang boleh duduk yang berkurban,” jelasnya. 

Begitu pula dengan pembagian daging kurban kepada masyarakat. Kata Masykur, panitia lah yang kemudian membawa paket tersebut ke rumah penerima atau secara door to door.



“Karena daging diantarkan ke rumahnya, jadi tidak berbondong-bondong orang,” ungkap Sektretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Makassar ini.

Sementara itu, penyembelihan hewan kurban ini akan berlangsung selama tiga hari. Adapun tiap harinya hewan yang disembelih berjumlah sekitar 10 hingga 12 ekor.

“Biasanya kalau kita disini dua hari atau tiga hari tergantung kemampuan tenaga nanti, tapi biasanya kita 10 sampai 12 ekor saja satu hari, yah besok masih ada,” tutupnya.(*)


BACA JUGA