Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah saat memberikan sambutan dalam Dies Natalis ke-59 UNM di Ruang Teater Lantai 3 Menara Pinisi, Selasa (04/08/2020).

Gubernur NA Gandeng UNM Tingkatkan Mutu Pendidikan Masyarakat Kepulauan

Selasa, 04 Agustus 2020 | 17:22 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (NA) menghadiri puncak perayaan Dies Natalis ke-59 Universitas Negeri Makassar (UNM). Bertempat di Ruang Teater Lantai 3 Menara Pinisi, Selasa (04/08/2020). 

Nurdin meminta sivitas akademika UNM untuk memberikan prioritas mutu pendidikan bagi masyarakat kepulauan. Sebab, kualitasnya di sebagian besar pulau masih tidak merata.

“Sulsel punya 330 pulau, kami ingin melihat dan mengupayakan pembangunan yang merata bagi mereka yang bermukim di pulau. Utamanya di sektor pendidikan,” ujar Nurdin Abdullah dalam sambutannya.

Selain pendidikan, kata Nurdin, Pemrov Sulsel akan mengalokasikan anggaran yang cukup besar. Nantinya diperuntukkan untuk pembangunan di pulau-pulau. 



“Ada pulau yang tidak ada sekolahnya. Saya kerjasama dengan adik-adik mahasiswa untuk secara bergantian mengajar anak-anak dan masyarakat di Pulau. Mereka adalah warga Sulsel, berarti berhak mendapatkan pendidikan yang bermutu,” pungkasnya.

Menurutnya, masyarakat kepulauan belum merasakan kehadiran listrik, jaringan telekomunikasi, dan air bersih. Pemerintah harus hadir dalam menjawab dan menghadirkan fasilitas yang sama antara warga daratan dan warga kepulauan.

Ia berharap, ada kolaborasi antar semua pihak untuk bersama-sama membangun Sulsel. Termasuk UNM sebagai kampus pencetak tenaga pendidik terbaik di Indonesia Timur.

“Tentu UNM diharapkan peranannya mengambil bagian pada keahlian dan bidangnya. Membangun sumber daya manusia,” lanjutnya.

Nurdin juga memberikan pujian atas jiwa kepemimpinan yang luar biasa dari Rektor UNM, Prof Husain Syam.  “Saya yakin UNM berperan penting dan berkontribusi besar tak hanya untuk kemajuan sulsel tetapi juga untuk bangsa. Butuh pendidikan yang maju. Pendidikan paling sempurna harus fleksibel menghadapi perubahan zaman,” pungkasnya.

Rektor UNM, Prof Husain Syam mengatakan, lembaga yang dipimpinnya selalu siap ikut serta. Utamanya dalam semua item kegiatan pembangunan di Sulsel maupun secara nasional. 

“Kami haturkan terima kasih kepada Pak Gubernur yang sudah bersedia menghadiri acara Dies Natalis kami. Semoga kolaborasi dalam sektor pendidikan ini dapat terus berlanjut,” harapnya. (*)


BACA JUGA