Penjual sepeda (Foto: Sandi Darmawan)

PD Parkir Makassar Ingin Siapkan Parkiran Sepeda di Kawasan CFD

Jumat, 07 Agustus 2020 | 09:09 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Bersepeda saat ini menjadi olahraga favorit warga Makassar di tengah pandemi Covid-19. PD Pasar Makassar Raya pun berencana memberikan rasa nyaman kepada pesepeda. 

Pihaknya ingin menyiapkan parkiran khusus sepeda. Adapun lokasi tempat parkir tersebut akan disiapkan di kawasan Car Free Day (CFD). 

Hal tersebut disampaikan Humas PD Parkir Makassar Raya, Asrul. Kendati demikian, wacana ini baru akan terealisasi ketika Pemkot Makassar memutuskan menerapkan New Normal.

“PD Parkir berencana membuat area parkir khusus sepeda di kawasan kawasan CFD. Namun CFD ini belum dimulai mungkin setelah dimulai CFD New Normal,” ujarnya saat ditemui, Kamis (06/08/2020).



Dengan adanya parkiran khusus sepeda, Asrul mengatakan, jika akan membuat daerah CFD menjadi lebih tertib. Sehingga, pesepeda dan masyarakat bisa tenang melakukan aktivitas olahraga di kawasan tersebut. 

“Kita akan menyiapkan satu tempat khusus untuk tempat parkir sepeda, dengan maksud bahwa kendaraan sepeda tidak lagi melintas di kawasan CFD,” katanya. 

“Kita siapkan tempatnya, kita siapkan juru parkirnya. Bergantung nanti apakah kita pasang satu atau dua titik di tempat CFD tersebut kita lihat nanti ke depan bagaimana progresnya,” sambung Asrul.

Ia menambahkan, kehadiran parkir khusus sepeda merupakan upaya PD Parkir memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi, saat ini aktivitas bersepeda sangat digandrungi warga Makassar.

“Makanya kita dari Pemkot Makassar dalam hal ini PD Parkir berupaya memberikan servis kepada pengendara sepeda seperti itu tadi supaya dia tidak lalu lalang di kegiatan CFD kita siapkan khusus untuk area parkir sepeda nanti kita buatkan gemboknya juga,” paparnya.

Bahkan, Asrul mengungkapkan tidak akan mematok biaya atau gratis bagi masyarakat yang memarkir sepeda. Ia mengembalikan kepada pengendara sepeda, apakah akan membayar atau tidak. 

“Bergantung nanti pengendara sepeda pengendara sepeda mau memberikan upah kepada petugas, yang jelas untuk sementara kita tidak berpikir untuk memungut retribusi di situ atau gratis,” kata dia. 

“Tapi kan logikanya apalagi kita bugis Makassar, tidak tega rasanya kita ada barang kita titip kemudian tinggalkan tempat tanpa memberikan apa apa di situ. Jadi kembali lagi keikhlasan pengguna jasa,” lanjutnya.  

Untuk sementara, rencana parkir sepeda akan difokuskan di kawasan CFD. Sembari menunggu instruksi dari Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin terkait kebijakan New Normal. 

 

“Jika CFD sudah dibuka nanti, kita sudah siapkan titik di mana saja parkir yang disiapkan, seperti Jalan sudirman, Boulevard, dan Penghibur. Kemungkinan di Boulevard kita kemungkinan pasang di samping MP, Jalan Bougenville,” pungkasnya. (*)


BACA JUGA