Aplikasi Baruga Sikola hadir di Play Store.

Pertama di Indonesia, Disdik Sulsel Luncurkan Aplikasi Belajar Gratis

Minggu, 09 Agustus 2020 | 15:09 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dinas Pendidikan (Disdik) Sulawesi Selatan (Sulsel) meluncurkan aplikasi belajar gratis pertama di Indonesia. Program gratis dari Disdik Sulsel ini diberi nama Baruga Sikola.

Aplikasi ini sudah tersedia di jejaring aplikasi Android melalui Play Store. Ini bisa menjadi pilihan tepat bagi siswa dan siswi, sebagai wadah pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Sulsel, Basri menjelaskan, bahwa aplikasi Baruga Sikola menjadi alternatif di tengah pandemi Covid-19 ini. Aplikasi ini pun bisa dimiliki secara gratis oleh siswa.

“Ini aplikasi gratis dan bisa digunakan mulai siswa SD, SMP, SMA dan SMK. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini,” ungkapnya saat dihubungi, Jumat (07/08/2020).

Menurut Basri, kehadiran Baruga Sikola  diharapkan dapat membantu semua pihak. Ini demi mengembangkan pendidikan di daerah masing-masing. 

Ia juga berharap, para kepala Kantor Cabang Dinas (Kacabdis) Pendidikan dapat menangkap peluang emas ini dengan baik. Kemudian segera melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah yang ada di wilayah masing-masing. 

Lebih lanjut, ia menjelaskan, saatnya mencari pola pembelajaran yang ideal di tengah pandemi covid-19. Dan pola pembelajaran yang ideal itu, menurutnya, adalah pembelajaran adaptif serta menyenangkan. 

Ia mengakui, saat ini anak-anak kita sudah jenuh dan bosan dengan belajar jarak jauh dengan daring, dan memang perlu ada adaptasi. Dalam pembelajaran daring, katanya, harus selalu ada hal-hal baru dan tidak harus sama metode pembelajaran yang diterapkan guru. 

“Metode pembelajaran daring di Makassar dengan di Kabupaten Pangkep tidak harus sama. Pasti berbeda, sesuai dengan kondisi alam dan kondisi siswa,” jelasnya. 

Sebelumnya, Para Kacabdis Pendidikan Wilayah I-XII sudah mengikuti sosialisasi aplikasi pendidikan Baruga Sikola. Bertempat di Ruang Rapat Prof Ahmad Amiruddin, Kantor Disdik Sulsel, Kamis (06/08/2020). (*)


BACA JUGA