Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gowa melakukan sosialisasi di Kecamatan Pallangga desa Bontoramba. Selasa (11/8/2020)

Masyarakat Desa Bontoramba Fokus Tingkatkan Imun untuk Cegah Penularan Covid-19

Selasa, 11 Agustus 2020 | 17:54 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM-Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gowa kembali melakukan Sosialisasi Respon Masyarakat dalam Percepatan Penanganan Covid-19. Kali ini pihaknya sosialisasi di beberapa desa di Kecamatan Pallangga salah satunya Desa Bontoramba, Selasa (11/8/2020).

Desa yang merupakan zona hijau dalam penularan covid ini lebih fokus dalam meningkatkan imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi agar bisa menangkal virus masuk ditubuhnya. Hal tersebut diungkapkan, Sekretaris Camat Pallangga yang juga Plt Kades Bontoramba, Sachrial usai menerima langsung rombongan PMI Gowa.

“Untuk mempertahankan desa kami tetap di zona hijau, kami selalu mengikuti imbauan untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan terutama meningkatkan imun dengan mengkonsusmsi makanan bergizi tinggi agar imunnya bisa lebih kuat untuk menangkal virus masuk ditubuhnya,” katanya.

Kehadiran PMI di Desa Bontoramba kata Sachrial sangat membantu mengedukasi masyarakatnya pasalnya sosialisi ini bisa memberikan kesadaran agar tetap menjaga imun sehingga desanya bisa tetap zona hijau atau terbebas dari penularan covid-19. 



“Sosialisasi PMI ini sangat membantu pemdes dalam penguatan penanggulang covid di tingkat desa,” jelasnya.

Sementara Warga Desa Bontoramba, Muliati (40) merasakan hal yang sama. Menurutnya salah satu alasan yang membuat Bontoramba di zona hijau karena selalu menjaga imunits tubuh dengan memperhatikan gizi.

“Kegiatan PMI ini sangat bermanfaat karena mengedukasi kita. Apalagi untuk mempertahankan agar tetap zona hijau dan tidak terjangkit virus salah satunya menjaga daya tahan tubuh kita dan selalu memperhatikan gizi, ditambah tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak, ” bebernya.

Tak hanya itu untuk mendukung hal ini, dirinya bersama masyarakat lain akan memanfaatkan lahan kosong yang dijadikan kampung rewako itu dengan menanami beberapa tumbuhan bergizi seperti kangkung, bayam, lombok, tomat, terong, dan lainnya. 

“Ini untuk memberikan inspiratif kepada masyarakat lain bahwa lahan harus dimanfaatkan dengan baik,” tambahnya.

Sementara Sekretaris PMI Gowa, Mardani Hamdan mengatakan kegiatan sosialisasi ini merupakan instruksi PMI pusat sebagai upaya untuk membantu pemerintah menekan kasus virus corona atau Covid-19.

“Ini marupakan penjabaran dari program PMI Pusat. Di Kabupaten Gowa ini kita melalukan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat bagaimana pentingnya Pencegahan penularan Covid-19,” kata Mardani disela-sela sosialisasi.

Selain itu, Mardani mengaku dari program ini sekaligus membantu pemda Gowa mensosialisasikan program penggunaan masker agar masyarakt paham akan hal itu.

“Kami juga sekaligus mensosialisasikan program kabupaten Gowa mengenai penggunaan masker agar masyarakat memahami tentang pentingnya menggunakan masker minimal untuk dirinya dan orang disektiranya. Ini bukti bahwa PMI mengambil peran dengan turun langsung ke masyarakat mensosialisasikan program pak bupati ke masyarakat,” pungkasnya.

Sekadar diketahui sosialisasi ini dilakukan di lima kecamatan di wilayah Kabupaten Gowa yaknu di Kecamatan Somba Opu terdiri dari Kelurahan Paccinongang, Samata, Bonto-Bontoa dan Sungguminasa.

Kemudian Kecamatan Pallangga terdiri dari Desa Bontoramba, Kampili dan Panakukang serta Desa Timbuseng di Kecamatan Pattallassang, Desa Borongloe di Kecamatan Bontomarannu dan Desa Bone Kecamatan Bajeng.(*)

Tags:

BACA JUGA