Akibat Covid-19, Satu Pelamar CPNS Pemkot Makassar Jalani SKB di Malaysia

Sabtu, 15 Agustus 2020 | 22:07 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Badan Kepegawaian Negara (BKN) memutuskan melanjut tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang sempat tertunda karena Covid-19. Tahapannya sudah memasuki tes Seleksi Kemampuan Bidang (SKB).

Sebanyak 1346 peserta dinyatakan lolos yang akan mengikuti tes SKB di Makassar. Namun kondisi pandemi yang masih merebak membuat sebagian peserta terpaksa melakukan tes di daerah asal. 

Hal tersebut disampaikan Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Makassar, Basri Rakhman. Ia mengatakan, dari total 1.346 peserta yang lolos, ada 44 orang yang tidak bisa melaksanakan tes di Makassar. 

“Mereka tes Online di daerah asalnya. Mereka diberi kemudahan, akibat pandemi. Kasihan juga mereka kalau jauh jauh ke Makassar tapi tidak tentu lolos juga,” ujarnya saat ditemui, Sabtu (15/8/2020).



Berdasarkan dari data BKPSDMD, lokasi tes SKB tersebar di 15 wilayah berbeda. Bahkan ada yang tes di negara tetangga, yakni Malaysia.  Sementara lokasi tes utama berada di Kampus Unhas, yang akan diikuti 1.302 peserta.

Sebanyak 44 sisanya akan mengikuti tes di daerah masing-masing. BKN Pusat Jakarta 1 orang, Kantor Regional II BKN Surabaya 4 orang, Kantor Regional XI BKN Manado 2 orang, Kantor Regional III BKN Bandung 1 orang, Kantor Regional I BKN Yogyakarta 1 orang, Kantor Regional X BKN Denpasar 1 orang, UPT BKN Mataram 1 orang, UPT BKN Balikpapan 3 orang, UPT BKN Tarakan 1 orang, UPT BKN Palu 5 orang, UPT BKN Kendari 15 orang, UPT BKN Mamuju 9 orang, UPT BKN Ambon 1, dan KBRI Malaysia 1 orang.

Kendati tidak hanya di satu tempat, ia memastikan proses tes tetap berjalan normal dan penuh integritas. BKN pusat juga akan menurunkan tim untuk mengawasi tes tetap berjalan tanpa kecurangan.

“Tidak perlu khawatir jika mereka tesnya terpisah. Tidak akan ada kecurangan karena yang turun langsung mengawasi dari BKN. Mereka sudah mengiyakan (tes di lokasi masing-masing),” ucap Basri. 

Mengenai jadwal tes, lanjut Basri, pihaknya belum menerima jadwal pasti. Akan tetapi BKN telah merilis jadwal SKB antara 1 September hingga 12 Oktober mendatang. 

“Mohon bersabar, kalau kami sudah dapat jadwal, pasti kami umumkan secepatnya,” tutupnya.(*)


BACA JUGA