Renungan Suci Momentum untuk Menghormati Jasa Para Pahlawan

Senin, 17 Agustus 2020 | 09:36 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM–Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menghadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Romang Lompoa Jalan Poros Malino Kecamatan Bontomarannu, Senin (17/8/2020).

Bupati Adnan mengatakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci merupakan salah satu rangkaian dari Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI Ke-75. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya sebelum pelaksanaan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI.

Selain itu, orang nomor satu di Gowa ini juga mengatakan bahwa Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini untuk mengenang dan sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan pejuang kemerdekaan.

“Malam renungan suci ini intinya bahwa kita mengenang jasa-jasa para pahlawan kita yang telah berjuang untuk bisa memerdekakan Republik Indonesia,” Adnan.



Lanjutnya, jasa para pahlawan ini sangat besar untuk bangsa negara ini. Apa yang dirasakan saat menurut Bupati Adnan karena berkat kerja keras dan perjuangan para pahlawan untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Karena perjuangan merekalah sehingga kita bisa hidup damai seperti saat sekarang ini dan kita bisa hidup tenteram seperti saat sekarang ini. Sehingga momentum ini merupakan momentum yang sangat baik untuk kita menghormati dan mengenang jasa-jasa mereka,” ujarnya.

Sebagai bentuk penghormatan dan menghargai  jasa para pahlawan pejuang bangsa, Bupati Adnan mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Gowa untuk terus menumbuhkan jiwa nasionalisme di HUT Kemerdekaan RI Ke-75 ini.

Pada kesempatan ini, bertindak sebagai inspektur apel, Kapolres Gowa AKBP Boy FS Samola yang sekaligus membacakan renungan suci. Dalam renungan teresebut, AKBP Boy Samola menyampaikan hormat atas keihklasan dan pengorbanan para pahlawan untuk memperjuangkan kemerdekaan dan kebahagiaan negara dan bangsa.

“Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga,” ucap AKBP Boy Samola.

Diketahui jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Gowa yang turut hadir pada kesempatan ini yaitu Ketua DPRD Kabupaten Gowa, H. Rafiuddin, Dandim 1409 Gowa, Letkol Letkol Arh. Muhammad Suaib, Ketua Kejaksaan Negeri Gowa, Yeni Andriani dan Ketua Pengadilan Negeri Sungguminasa, Hebbin Silalahi.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini juga diikuti oleh sejumlah personil gabungan TNI, Polri, dan anggota Pramuka dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa.(*)


BACA JUGA