Upacara peringatan HUT RI ke-75 digelar di Balai Kota Makassar, Senin (17/08/2020).

Upacara HUT RI ke-75 Pemkot Makassar Digelar Secara Terbatas

Senin, 17 Agustus 2020 | 09:47 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) secara terbatas. Bertempat di Halaman Balai Kota Makassar, Senin (17/08/2020).

Upacara digelar terbatas akibat merebaknya pandemi Covid-19. Apalagi, Makassar masih masuk dalam zona merah, dimana kasus virus ini masih tinggi.

Para tamu undangan yang hadir juga tak banyak. Hanya Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berkantor di Balai Kota yang hadir dalam upacara ini. Selain itu diikuti oleh para Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Makassar, seperti Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo, dan Kejari Makassar, Nurni Farahyanti.

Adapun Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang berpartisipasi hanya tiga orang saja. Mereka pun sebelumnya merupakan Paskibra tahun 2019. 



Sementara itu, Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin didapuk sebagai Inspektur Upacara. Ia mengatakan, meski dalam kondisi pandemi Covid-19, pihaknya bersyukur bisa menggelar upacara ini. 

“Tentu kita bersyukur yah bahwa di Hari Kemerdekaan kita yang ke-75 ini, walaupun di tengah pandemi Covid-19 kita masih bisa melaksanakan upacara dengan hikmat,” katanya.

Kendati digelar secara terbatas, namun Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel ini menyebut upacara kali ini sama saja dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana baik dari awal pelaksanaan hingga selesai tidak ada kendala.

 

“Walaupun memang terjadi beberapa simplikasi di dalam pelaksanaannya, saya kira itu tidak mengurangi kehikmatan dan substantif dari pelaksanaan upacara dalam rangka merayakan hari Kemerdekaan kita,” jelasnya. (*)


BACA JUGA