Plt Kadisdik Kota Makassar, Amalia Malik saat ditemui di Balai Kota Makassar, Selasa (18/08/2020).

Bukan Tambah Rombel, Disdik Makassar Berencana Bangun Sekolah Baru

Selasa, 18 Agustus 2020 | 20:07 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Hadirnya sekolah baru diharapkan bisa terealisasi secepatnya. Agar mencegah banyaknya pendaftar calon peserta didik SD dan SMP.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt Kepala Disdik Kota Makassar, Amalia Malik. Olehnya, ia mengatakan, bahwa sekolah baru mesti dibangun untuk mampu menambah kapasitas peserta didik.

Diharapkan penambahan rombongan belajar (Rombel) bukan lagi menjadi solusi untuk mengakomodir peserta didik yang belum mendapat kursi di sekolah. Sebab, rombel yang ada juga cukup terbatas.

“Kita harus sesuai dengan Permendikbud bahwa jumlah setiap rombel itu kan harusnya 32 tidak boleh lebih,” katanya saat ditemui di Balai Kota Makassar, Selasa (18/08/2020).



“Sehingga diharapkan nanti ke depan itu, kalau memang diharapkan bisa ada penambahan sekolah untuk bisa menampung. Bukan untuk menambah jumlah rombel,” sambungnya.

Sebelumnya dalam kasus PPDB 2020, jumlah peserta didik yang mendaftar membludak dan membuat Disdik harus menambah rombel. Akan tetapi, pihaknya tidak ingin kejadian tersebut tak terulang di tahun berikutnya.  

“Jadi kemarin pada prinsipnya setuju tetapi persyaratannya yang paling utama dari kementerian bahwa ini karena terkait dengan keadaan kondisi Covid-19. Tetapi diharapkan untuk tahun depan tidak ada lagi perihal seperti ini,” jelasnya.

Dikatakan Amalia, sebagai solusi baru, pihaknya berencana membangun sekolah baru. Ia berharap segera terealisasi secepatnya. Persiapan pun kini tengah dilakukan.

 

“Kita akan survei dulu untuk penambahan, karena itu solusi yang diberikan oleh Kemendikbud. Actionnya ini, kita baru mulai jalan, dalam rangka penyusunan juga, seperti itu,” tutupnya. (*)


BACA JUGA