Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang saat berbicara bersama Ketua PKK Sulsel, Lies F Nurdin dan Ketua PKK Makassar, Rossy Timur, Selasa (18/8/2020)

Menteri PPPA Puji Kolaborasi Ketua PKK Sulsel dan Makassar

Rabu, 19 Agustus 2020 | 20:59 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Menteri Pemberdayaan Perempuan dan  Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bintang mengapresiasi kolaborasi Ketua TP PKK Sulsel Lies F Nurdin, dan Ketua TP PKK Kota Makassar Rossy Timur. Sebab telah menjalankan instruksi Presiden RI. 

Untuk diketahui, saat rapat terbatas penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional, pada 3 Agustus lalu, Presiden RI Joko Widodo punya instruksi. Ia menginstruksikan PKK berperan aktif dalam mengampanyekan protokol kesehatan. 

Usai menerima instruksi tersebut, Lies F Nurdin, dan Rossy Timur terjun langsung menjalankan instruksi tersebut. Keduanya dibantu oleh kader, anggota, dan pengurus PKK Sulsel, dan Kota Makassar.

Kerap kali Lies F Nurdin, dan Rossy Timur melakukan sosialisasi, dan edukasi protokol kesehatan. Mereka berkeliling mengunjungi beberapa wilayah di Makassar untuk menyampaikan kepada warga. 



Keduanya menyampaikan agar mereka memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, rajin mencuci tangan pakai sabun atau menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak fisik saat berada di fasilitas publik. Lalu melakukan pembatasan sosial atau social distancing. 

“Ini adalah aksi nyata yang difollow up melalui 10 program pokok PKK,” kata Menteri Gusti Ayu Bintang Puspayoga saat berkunjung di Makassar, Selasa (18/8/2020). 

Selain sosialisasi, dan edukasi protokol kesehatan, Lies F Nurdin dan Rossy Timur juga membagikan masker kepada warga seperti yang dilakukan pada 17 Agustus kemarin melalui Gebrak Masker (Gebrakan Bersama Pakai Masker) yang dilakukan secara serentak di Indonesia. Ada 5.000 masker yang dibagikan di Makassar dari total 17.000 masker yang akan disebar di 8 kabupaten di Sulsel.

Dua hari sebelumnya, Rossy Timur membagikan 2.000 masker dari rumah ke rumah bagi warga pulau Barrang Lompo. Ia mengedukasi warga membiasakan diri menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

“Perempuan dan anak juga menjadi lokus perhatian PKK dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan sosialisasi, dan edukasi termasuk membagikan masker,” kata Rossy. 

Ia menyampaikan, apresiasi dari menteri P3A menjadi motivasi, dan menghadirkan energi positif bagi anggota, pengurus, dan kader PKK Kota Makassar untuk bekerja semakin giat mendukung upaya pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19.(*)


BACA JUGA