Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar, Ahmad Hidayat

Soal Regrouping SMP, Disdik Makassar Masih Terus Kaji

Rabu, 19 Agustus 2020 | 21:08 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar masih melakukan pengkajian terkait regrouping SMP Negeri. Kebijakan ini tidak serta merta harus dilakukan secepatnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdik Makassar, Ahmad Hidayat menyebut ada tujuh SMP Negeri yang akan dibentuk melalui regrouping. Dan mesti dikaji lebih dalam sebelum pembentukan.

“Sementara dalam kajian kita. Kita akan lihat mapping-nya dulu. Kita harus mapping baik-baik,” katanya saat ditemui, di Disdik Makassar, Rabu (19/8/2020). 

Pria yang akrab disapa Yayat ini mengaku bahwa pihaknya belum berani melakukan regrouping dalam waktu dekat. Resiko jangka panjang, kata dia, perlu diperhatikan.



“Kita tidak mau membuat sekolah yang pada akhirnya sekolah itu juga tidak berdampak positif,” sambungnya. 

Lanjut, Yayat menilai, tahap pengkajian ini meliputi penentuan lokasi SMP Negeri. Daerah yang akan dibentuk sekolah baru harus mengakomodir anak yang kurang mampu secara finansial.

“Kita harus lihat daerah-daerah, wilayah-wilayah untuk bisa mengakomodir mereka khususnya yang dari komunitas afirmasi itu. Jangankan untuk membayar biaya sekolah, untuk transportasi ke sekolah saja berat,” lanjutnya.

Tak hanya itu. Alumnus UNM ini menjelaskan apabila selama pengkajian, sekolah swasta juga dipertimbangkan. 

“Ada juga sekolah swasta yang kita harus pikir kehidupannya. Karena di sana juga ada guru, ada anak bangsa,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA