ACT Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran Tamarunang

Rabu, 26 Agustus 2020 | 20:17 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kabar duka datang dari Kel. Tamarunang, Kec. Mariso, Kota Makassar tepatnya di wilayah Jalan Cenderawasih sekitar Pasar Senggol. Kebakaran yang diduga akibat korsleting listrik pada pukul 22.00 WITA menghanguskan 36 rumah, Sabtu (22/8/2020).

Sebanyak 25 mobil pemadam kebakaran diterjunkan pada malam itu dan api berhasil dipadamkan pada pukul 01.30 WITA dinihari. Walau tak memakan korban jiwa, 47 Kepala Keluarga (KK) atau 156 jiwa yang terdampak terpaksa mengungsi di masjid dan kerabat terdekat bahkan ada yang masih bertahan di rumah mereka beratap tenda seadanya.

Merespon hal tersebut, Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Selatan segera mengirimkan bantuan bagi warga terdampak kebakaran. Bantuan yang dikirimkan berupa makanan siap saji untuk pemenuhan kebutuhan gizi sementara kepada warga terdampak yang masih sibuk membersihkan puing-puing bekas kebakaran dari rumah mereka. Pendistribusian bantuan dibantu tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sulawesi Selatan.

Andi Syurganda selaku Kepala Program ACT Sulsel saat ditemui di Kantor ACT Sulsel sebelum pendistribusian bantuan mengatakan bahwa bantuan ini adalah tahap awal untuk membantu warga terdampak dan diharapkan kedepannya melalui kedermawanan masyarakat Indonesia akan segera disalurkan bantuan tahap berikutnya.



“Ketika tim ACT mendapatkan info bahwa telah terjadi kebakaran di sekitar wilayah pasar senggol, maka tim melalukan assestmen awal untuk mengetahui total kerusakan dan kebutuhan mendesak warga. Pada bantuan tahap awal ini, kita mendistribusikan sebanyak 96 paket makanan siap saji dan Insya Allah harapan kedepannya melalui kedermawanan masyarakat Indonesia, kami akan kembali menyalurkan bantuan kepada warga terdampak,” ujarnya.

Sementara itu, Anjar selaku Ketua RT.03 RW.05 Kel. Tamarunang Kec. Mariso Kota Makassar saat ditemui dilokasi kejadian mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada warga dan menyebutkan beberapa kebutuhan mendesak warga.

“Alhamdulillah, saya mewakili warga terdampak mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan dari ACT. Dan juga kami masih sangat membutuhkan bantuan berupa material bahan bangunan seperti seng, balok, paku, semen, dan lain-lain supaya rumah mereka segera dapat diperbaiki dan dapat melanjutkan aktifitasnya kembali. Selain itu, bantuan logistik masih dibutuhkan warga pasca kebakaran ini, dimana banyak rumah warga dan barang-barangnya habis dilahap api malam itu,” imbuhnya.

Sampai saat ini, ACT Sulsel masih membuka penggalangan dana bagi masyarakat yang ingin membantu. Dimana warga pada saat ini sangat membutuhkan material bahan bangunan dan logistik hingga peralatan masak karena mereka tak sempat menyelamatkan harta tersebut.

Bagi sahabat dermawan yang ingin menyalurkan bantuannya kepada warga terdampak dapat disalurkan melalui rekening SULSELBAR SYARIAH # 5100 5321 0417 1658 atas nama Aksi Cepat Tanggap dengan melampirkan konfirmasi bukti transfer via whatsapp ke 0821 9224 1414 atau datang langsung ke kantor ACT Sulsel yang berlokasi di Jl. Sultan Alauddin Plaza Ruko BB No.11 Kota Makassar, Telp 0411 898 6113 / 0821 9224 1414.(*)


BACA JUGA