Rektor UNM, Prof Husain Syam.

Rektor UNM: Tata Kelola PT Bergantung Tiga Indikator

Rabu, 09 September 2020 | 16:43 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Husain Syam mengatakan untuk meningkatkan pengelolaan perguruan tinggi (PT) bergantung pada tiga faktor. Pertama yakni kelembagaan, kedua kualitas SDM, dan ketiga ialah jumlah penelitian.

“Pertama yang menjadi tolak ukur adalah kelembagaannya, kedua kualitas SDM yang menunjang hal ini dilihat dari jumlah rasio guru besar, doktor, dan mahasiswa harus sesuai, ketiga dilihat dari jumlah penelitian sesuai dengan tridharma perguruan tinggi ditambah dengan inovasi,” katanya dalam FGD Hasil Identifikasi Area dan Kebutuhan Tata Kelola Perguruan Tinggi di Aula Perwakilan BPKP Sulsel, Selasa, (08/09/2020).

pt-vale-indonesia

Guru Besar Bidang Pertanian itu menambahkan, jika ingin melihat kualitas dari PT dapat dilihat dari kualitas infrastruktur. Utamanya jika perguruan tinggi ingin menjadi world class university maka persoalan IT tidak boleh dilupakan.

“Saat ini di UNM IT bisa saya katakan adalah segalanya, bahkan sebelum terjadinya Covid-19 dimana semua saat ini menggunakan IT. UNM sudah menerapkan proses pembelajaran secara online sebesar 30 persen dan tatap muka sebanyak 70 persen,” tambahnya.

Rektor dua periode ini menyebut, dengan penguatan IT mahasiswa dan dosen tidak hanya kuat dalam intelek. Tapi juga kuat dalam dunia digitalisasi.

“UNM saya dorong menjadi kampus digitalisasi, jadi di manapun mahasiswa bisa melakukan kuliah dan tidak harus dalam kelas. Dengan digitalisasi itu saya mendorong mahasiswa untuk tidak minder jika bertemu dengan mahasiswa yang melakukan studi di luar negeri,” jelasnya.

Prof Husain Syam menambahkan, tata kelola yang baik perlu ada indikator. Seperti apa parameternya sebagai kebutuhan dalam membangun sistem. (*)

Tags:

BACA JUGA