Kadinkes Makassar, Naisyah Tun Azikin saat ditemui di depan Posko Covid-19 Makassar, Senin (27/7/2020)

Dinkes Bakal Gelar Tes Swab Massal di Seluruh Kecamatan

Selasa, 15 September 2020 | 23:27 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar berencana untuk menggelar tes swab massal di seluruh kecamatan. Untuk saat ini, pihaknya berfokus pada 6 kecamatan zona merah Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinkes Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin. Ia mengungkapkan, bahwa rencana tersebut akan dilakukan usai merampungkan pemeriksaan di enam kecamatan. Kemudian baru bisa melanjutkan tes di kecamatan tersisa.

pt-vale-indonesia

“Kita akan rencanakan (tes swab) di kecamatan lainnya. Yang jelas sekarang kita prioritaskan dulu kecamatan yang zona merah,” ungkap Naisyah, Selasa (15/09/2020).

Menurut Naisyah, semakin banyak masyarakat yang di tracing akan semakin bagus. Sehingga, virus tidak semakin menyebar.

“Sebisa mungkin kita tracing semua. Jangan sampai masih ada titik yang belum kita tracing yang berpotensi menyebarkan kepada yang lain. Jadi kalau kita cari, penyebarannya bisa kita minimalisir,” ucapnya.

Untuk jumlah swab yang disediakan, lanjut Naisyah, belum ditentukan dan masih menunggu sisa pemakaian dari 6 kecamatan yang kini sedang berlangsung. Selain itu, masih akan dikoordinasikan dengan Pemprov Sulsel.

“Kita tunggu dulu selesai ini enam kecamatan, kalau ada sisanya maka akan dipakai di situ. Kita juga masih harus berkoordinasi dengan Provinsi,” sebutnya.

Saat ini, lanjut Naisyah, tes swab juga dilakukan di 14 kecamatan. Mentracing kasus yang punya kontak erat dengan pasien positif.” Yang lain tetap jalan (tes swab) di puskesmas. 14 kecamatan,” pungkasnya. 

Untuk diketahui, 6 kecamatan yang menjadi prioritas kali ini ialah Biringkanaya, Tamalate, Rappocini, Tamalanrea, Manggala, dan Panakkukang. Sementara yang belum yakni Ujung Pandang, Ujung Tanah, Mariso, Makassar, Bontoala, Tallo, Wajo, Mamajang, dan Kepulauan Sangkarrang. (*) 


BACA JUGA