Pemkot Makassar melaksanakan tes swab massal.

Tes Swab Massal di Enam Kecamatan Rampung, 74 Kasus Positif Covid-19

Selasa, 22 September 2020 | 12:47 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Tes swab massal di enam kecamatan zona merah Makassar akhirnya telah rampung. Dari pemeriksaan, terdapat 74 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ditemukan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin. Ia mengatakan, 74 positif dari total 2.423 sampel yang diperiksa selama enam hari. 

“Selanjutnya akan diisolasi di rumah sakit, ada juga diisolasi di rumahnya jika memenuhi syarat,” kata Naisyah saat ditemui di Posko Covid-19 Kota Makassar, Senin (21/9/2020).

Dari persentase yang diperiksa, kata Naisyah, hasilnya masih di bawah 5 persen positif rate. Kasusnya pun masih tergolong rendah. 



“Positif rate itu di bawah 5 persen, hanya 3 persen sekian saja,” sambung Naisyah. 

Positivity rate merupakan rasio antara jumlah kasus positif dengan total pemeriksaan Covid-19. Metode yang digunakan ialah Polymerase Chain Reaction (PCR).

Adapun rincian pemeriksaan swab di enam kecamatan di antaranya, Kecamatan Rappocini 103 sampel dengan 6 positif. Kecamatan Biringkanaya 11 Positif dari 185 sampel.

Kemudian, Kecamatan Panakkukang 5 positif dari 335 sampel. Dan Kecamatan Tamalate sebanyak 16 positif dari 542 sampel yang diperiksa. 

Terakhir, Kecamatan Manggala 14 dinyatakan positif dari 427 yang diperiksa. Kemudian Kecamatan Tamalanrea 22 dinyatakan positif dari sampel yang diperiksa.(*)


BACA JUGA