Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gowa, Andi Tenriwati Tahri melakukan pertemuan dengan jajarannya di Baruga Krg Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Rabu (23/9/2020).

Tingkatkan Sektor Pariwisata, Disparbud Gowa Tekankan Perbaikan Database

Rabu, 23 September 2020 | 23:50 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM–Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gowa, Andi Tenriwati Tahri melakukan pertemuan dengan jajarannya di Baruga Krg Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Rabu (23/9/2020).

Andi Tenriwati Tahri mengatakan pertemuan ini dalam rangka menyamakan pemahaman untuk meningkatkan sektor pariwisata Kabupaten Gowa. Salah satu yang menjadi penekanan pada pertemuan ini adalah perbaikan data di sektor pariwisata.

Mantan Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa ini menjelaskan bahwa data ini penting untuk meningkatkan sektor pariwisata Kabupaten Gowa. Karena dengan data ini pihaknya bisa melakukan langkah-langkah yang bisa diambil untuk meningkatkan sektor pariwisata Kabupaten Gowa.

“Mengumpulkan data itu menjadi bagian yang penting. Kalau kita punya data yang bagus banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan sektor pariwisatanya Kabupaten Gowa,” ujarnya.



Ia berharap data yang baik yang bisa disajikan, khususnya data di internal Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gowa. Karena menurutnya selama ini masih mengandalkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten maupun Provinsi Sulawesi Selatan.

“Goalnya pariwisata itu adalah bagaimana sebanyak-banyaknya mendatangkan wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Gowa. Untuk mewujudkan itu semua harus kita lakukan pembenahan. Tapi kita tidak lakukan pembenahan pembangunan objek wisata baru kalau kita tidak punya database yang kuat,” tandasnya.

Sementara dari pemaparan Direktur Logov Celebes, Muh Afif Sallatu mengatakan bahwa Kabupaten Gowa ini memiliki potensi pariwisata yang cukup besar seperti Malino. Menurutnya saat ini Malino sudah dilirik oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bahkan pemerintah pusat.

Walaupun demikian, dari data BPS, Afif menyebutkan tingkat kunjungan wisatawan di Kabupaten Gowa cukup rendah yaitu berada di posisi 9 dengan kabupaten lainnya di Sulawesi Selatan meskipun dekat dengan Ibukota Provinsi Sulawesi Selatan, Kota Makassar.

Olehnya salah satu yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Gowa yaitu memperbaiki hal-hal basis di sektor pariwisata, seperti kebersihan, kenyamanan, dan pelayanannya.

“Jadi bukan pada saat ada event baru kita bicara pada kunjungan wisatawannya. Tetapi betul-betul kita perhatikan basisnya, seperti di Jogja. Di Jogja itu orang senang datang dan senang tinggal karena hal basisnya terpenuhi,” tambahnya.(*)


BACA JUGA