Kadinkes Makassar, Naisyah Tun Azikin saat ditemui di Gedung Balai Mutiara, Kamis (2/4/2020)

Tes Swab Massal di Kecamatan Mamajang, 33 Positif dari 403 Sampel

Minggu, 04 Oktober 2020 | 16:03 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Hasil usap atau swab massal yang digelar Kecamatan Mamajang telah keluar. Sebanyak 33 sampel pun dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, jika sebelumnya ada 403 sampel yang diperiksa di laboratorium. Alhasil, 33 positif Covid-19 ditemukan.

“Hasilnya sudah keluar di Kecamatan Mamajang. 33 positif,” ungkap Naisyah saat dihubungi, Sabtu (3/10/2020).

Menurut Naisyah, semua sampel positif didapat dari pemeriksaan di laboratorium. Bukan hasil tes swab cepat di mobil Polymerase Chain Reaction (PCR).



“Semua tes swab di mobil PCR semua dinyatakan negatif, memang sedikit yang diperiksa karena terbatas,” ucapnya.

Selanjutnya, kata Naisyah, pihaknya akan melakukan tracking. Ditujukan terhadap siapa saja yang pernah melakukan kontak dengan masyarakat yang terkonfirmasi tersebut.

“Yang tadi baru didapat hasilnya akan ditracking oleh puskesmas. Kalau dia bisa isolasi mandiri di rumah yah di rumah saja. Kalau tidak memenuhi syarat rumahnya 10 orang satu rumah yah kita bekerjasama dengan duta Covid-19 provinsi,” sebutnya.

Hal itu dilakukan, kata Naisyah untuk mengurangi risiko penularan. Setiap satu kasus positif terkonfirmasi, maka secepat mungkin harus segera dilakukan pencegahan.

“Yang positif akan di tracing lagi keluarganya, datangi lagi rumahnya. Kalau ada ditemukan 1 kasus positif maka akan di tracking kembali paling tidak tidak menular ke tempat lain,” pungkasnya. (*)


BACA JUGA