Kadinkes Makassar, Naisyah Tun Azikin saat ditemui di Kantor Dinkes Makassar, Jumat (20/03/2020)/FOTO/AGUNG EKA/GOSULSEL.COM

80 Persen Kasus Covid-19 Tak Bergejala Terjadi di Makassar

Selasa, 06 Oktober 2020 | 21:24 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pandemi Covid-19 masih terus melanda di Indonesia. Di Kota Makassar, kasus Orang Tanpa Gejala (OTG) rupanya mendominasi dengan persentase yakni 80 persen.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin. Selebihnya, kata dia, mereka yang terpapar merupakan pasien yang memiliki gejala.

“Di Makassar sendiri memang banyak kasus yang tak bergejala, sebanyak 80% bahkan itu merupakan kasus OTG,” ucap Naisyah saat ditemui di Posko Covid-19 Makassar, Selasa (06/10/2020).

Dari data Tim Konsultan Covid-19 Gugus Tugas Covid-19, kasus asimptomatik atau orang yang tak bergejala sebanyak 1.214 yang telah mengikuti isolasi mandiri. Pihaknya, sambung Naisyah, tetap melakukan pemantauan pada kasus OTG.



Mengingat, beberapa kasus OTG bahkan mengalami tingkat kritis yang parah. Bahkan, bisa menyebabkan kasus kematian pada kasus OTG.

“Kadang juga ada yang punya tidak punya gejala, tiba-tiba kondisinya kritis, dibawa ke RS, ternyata penuh mi paru-parunya virus. Makanya itu yang kadang tidak terselamatkan,” lanjutnya.

Olehnya, Naisyah mengungkapkan jika penting untuk tetap terus mendeteksi kasus Covid-19 yang tak memiliki gejala. Terlebih, pihaknya juga bakal terus melakukan tes swab untuk mendeteksi kasus Covid-19 yang tak bergejala. (*)


BACA JUGA