Ilustrasi tes swab

Lagi, Dinkes Makassar Bakal Tes Swab Massal Ulang di 4 Kecamatan

Rabu, 07 Oktober 2020 | 15:51 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar berencana menggelar tes swab massal ulang. Dari hasil rekomendasi Tim Konsultan Epidemiologi, ada 4 kecamatan direkomendasikan untuk kembali dilakukan tes tersebut. 

Ketua Tim Konsultan Epidemiologi Covid-19 Makassar, Ansariadi mengungkapkan, terdapat banyak kasus positif di berbagai kecamatan. Tetapi, ada 4 kecamatan yang minim peserta.

“Kita lihat ada beberapa kecamatan yang memang itu ditemukan kasus positif banyak, tapi yang ikut tes swab itu sedikit,” ucap Ansariadi, Rabu (7/10/2020). 

Adapun 4 kecamatan tersebut ialah Rappocini, Biringkanayya, Tallo dan Mamajang. Keempatnya dinilai masih belum terlacak secara maksimal lantaran minimnya capaian target yang telah dialokasikan Dinkes di setiap kecamatan. 

“Rappocini, Tallo, Biringkanayya, dan Mamajang tinggi jumlah kasusnya tapi sedikit pemeriksaannya. makanya kita sarankan untuk kembali massifkan pencarian dengan tes swab lagi,” imbuhnya.

Ansariadi juga ikut mempertimbangkan Kecamatan Ujung Tanah dilakukan pencarian kasus aktif, namun belum dapat dipastikan pihaknya. Pasalnya, Kecamatan Ujung Tanah tak terdeteksi kasus positif dari hasil pemeriksaan 344 spesimen. 

“Ujung Tanah tidak mungkin 0, karena Sangkarrang saja 2 positif. Tapi kita belum tahu secara pasti, karena itu kita juga pertimbangkan,” jelasnya 

Sementara, Kepala Dinkes Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin menyatakan pihaknya siap melakukan tes swab ulang di 4 kecamatan. Sebab telah direkomendasikan oleh Tim Epidemiologi. 

“Ya memang kita lihat datanya di 4 Kecamatan itu kasusnya banyak, tapi sedikit capaian targetnya. Kalau memang diperlukan, kita akan lakukan lagi,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA