Manajer Riset CRC, Muhammad Nur Hidayat saat mempaparkan hasil surveinya di Lantai 11 Hotel Santika, Senin (12/10/2020).

Elektabilitas Danny-Fatma Berada di Atas Angin Versi CRC

Senin, 12 Oktober 2020 | 18:22 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Lembaga survei, yakni Celebes Research Center (CRC) merilis survei terkait popularitas dan elektabilitas terhadap empat pasangan calon (Paslon) di Pilwalkot Makassar 2020. Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto-Fatmawati Rusdi unggul dengan persentase 40,4 persen.

Sementara di posisi kedua ialah Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman) dengan 23,5 persen. Kemudian Syamsu Rizal MI-Fadli Ananda (DILAN) 14,0 persen, dan terakhir Irman ‘None’ Yasin Limpo-Andi Zunnun NH (IMUN) sebesar 6,5 persen.

pt-vale-indonesia

“Jika pemilihan dilakukan pada hari ini, maka hasil dari pemilihan Wali Kota Makassar hasilnya seperti ini,” kata Manajer Riset CRC, Muhammad Nur Hidayat dalam paparan hasil surveinya di Lantai 11 Hotel Santika, Senin (12/10/2020).

Survei CRC ini dilakukan pada 25 September-5 Oktober 2020 menggunakan teknik multistage random sampling terhadap 1.000 orang responden dengan margin of error kurang lebih 3%. Para responden merupakan penduduk Kota Makassar yang memiliki hak pilih.

Pengambilan data dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuisioner. Kendali kualitas dilakukan secara acak terhadap 20% dari total sampel oleh supervisor.

Lebih jauh, ia menyebut bahwa kecil kemungkinan hasil tersebut berubah sebesar 7,4% dan besar kemungkinan berubah sebesat 24,3%. Sementara yang tidak 0,8%.

Hasil survei ini didapati dari awareness sebesar 89% warga Kota Makassar yang mengetahui pilkada akan digelar. Ia juga menegaskan, jika survei tersebut merupakan data asli yang didapati di lapangan tanpa sedikitpun ada yang dirubah.

“Jadi saya tegaskan ini realitas di lapangan yang menjadi temuan CRC untuk elektabilitas empat pasangan calon yang ada,” tutupnya. (*)


BACA JUGA