Asisten I Pemkot Makassar, M Sabri bersama Pakar Epidemiologi Unhas, Ansariadi saat ditemui di Posko Covid-19 Makassar, Senin (24/8/2020)

Kasus Anak Terpapar Covid-19 di Makassar Melonjak untuk Bulan September

Selasa, 13 Oktober 2020 | 05:44 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Jumlah kasus Covid-19 untuk usia anak meroket selama dua bulan terakhir di Makassar. Tercatat, ada peningkatan kasus untuk kategori usia 10-19 tahun sekitar 40 persen.

Merujuk pada Data Satgas Covid-19, disebutkan jika pada bulan Agustus terdapat 98 anak yang terpapar Covid-19. Hal ini mengalami peningkatan saat memasuki bulan September sebesar 132 kasus.

“Ini yang menghawatirkan karena sekolah belum buka tapi angkanya meningkat, boleh jadi mereka tertular lewat orang dewasa,” kata Ketua Ketua Tim Epidemiologi Covid-19 Makassar, Ansariadi, Senin (12/10/2020).

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas ini juga mengaku, saat ini, dirinya belum mengantongi data terkait penyebab peningkatan kasus tersebut. Olehnya, hal itu perlu dilakukan investigasi lebih lanjut. 



“Saya belum punya bayangan apa yang terjadi pada kelompok umur 10-19 tahun mengapa bisa seperti ini,” kata Ansariadi.

“Apakah betul sekolah belum buka atau aktivitas apa yang diikuti oleh kelompok umur ini, atau penularan dari rumah,” sambungnya.

Saat ini, kata Ansaridi, tiga potensi penularan tersebut menjadi hipotesis Satgas Covid-19 Kota Makassar. Ia pun juga belum mengetahui daerah terbanyak yang menjadi penularan Covid-19 untuk kategori usia 10-19 tahun.

“Kami akan cari tahu di kecamatan mana yang terbanyak,” ungkapnya.

Terakhir, Ansariadi mengimbau masyarakat untuk tetap taat pada protokol kesehatan Covid-19. Hal itu, kata dia, Pemeritah Kota (Pemkot) Makassar saat ini masih terus beradu kecepatan dengan penularan virus. 

“Jangan lupakan selalu pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak. Itu adalah kewajiban kita semua,” pungkasnya. (*)


BACA JUGA