Pengantaran air bersih kepada warga dilakukan, Jumat (16/10/2020)

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Ini Sejumlah Upaya Perumda Air Minum Makassar

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 17:19 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Makassar terus berbenah demi peningkatan kualitas pelayanan. Sejumlah upaya kini telah dilakukan.

Seperti misalnya, Pemberian penghargaan kepada supir armada tangki air bersih, perbaikan kelistrikan di sejumlah Instalasi Pengelola Air (IPA), dan pemberian air bersih kepada warga Lantebung-Bira. Semua itu dilakukan demi memenuhi kebutuhan warga terhadap air bersih.

Untuk penghargaan kepada supir armada tangki air, Direktur Utama (Dirut) Perumda Air Minum Makassar, Hamzah Ahmad mengaku, jika apresiasi patut diberikan kepada mereka. Terlebih, para supir lah yang setia mendistribusikan air bersih kepada warga.

Adapun bentuk penghargaannya ialah berupa insentif khusus. Kata Hamzah, Ini juga diharapkan mampu memberikan semangat kepada mereka dalam terus bergerak melakukan pendistribusian air bersih.



“Mereka telah setia melayani masyarakat siang dan malam dalam pemenuhan kebutuhan utama ini,” kata Hamzah, Sabtu (17/10/2020).

Sementara untuk pemberian air bersih untuk warga Lantebung-Bira, ini bukan kali pertama dilakukan. Perumda Air Minum juga memang memperhatikan warga yang kerap kekurangan air bersih. 

Distribusi air bersih tersebut dikomandoi langsung oleh Direktur Teknik, Imran Adnan. Di mana antusiasme warga, beber Imran, sangat tinggi terhadap kiriman air dari Perumda Air Minum Makassar. 

“Ini adalah suatu tantangan bagi kita untuk segera berbenah, memikirkan dan segera melakukan terobosan kepada masyarakat yang berada di ujung pipa, untuk merasakan distribusi air secara merata,” beber Imran.

Imran juga menambahkan bahwa keprihatinannya melihat kondisi ini dan sekaligus bersyukur. Sebab dalam kondisi alam akibat musim kemarau ini, pelanggan bisa terbantukan dengan pengantaran armada mobil tangki.

Pengantaran air dilakukan mengingat kondisi air baku di IPA mengalami kekeringan. Namun, pihaknya berkomitmen akan terus berbenah.

“Ke depan tentu adalah salah satunya adalah bagaimana menghadirkan satu atau lebih IPA dengan sumber air baku yang berkualitas, berkuantitas dan kontinyu. Sehingga hadirnya musim kemarau dirasakan bagai musim hujan,” tambahnya.

Selain dari sisi air baku, tapi juga faktor penunjang dari distribusi terus dibenahi yaitu kelistrikannya. Seperti di IPA I Ratulangi.

Pembenahan fungsi travo setelah diadakan pembenahan dan akan melakukan pemindahan fungsi travo.

Dari pekerjaan pemindahan ini tentu untuk beberapa jam kelistrikan dari Instalasi I akan dimatikan dan kemungkinan akan terganggunya pelayanan sementara waktu untuk daerah Kota Lama Makassar.

“Pekerjaan ini diperkirakan memakan waktu sampai dengan 7 jam. Akan tetapi dengan adanya tower yang masih berdiri utuh diharapkan dapat meminimalisir gangguan ini,” tutup Imran.(*)


BACA JUGA