Kadinkes Makassar, Naisyah Tun Azikin saat ditemui di depan Posko Covid-19 Makassar, Senin (27/7/2020)

Swab Massal Tahap Ketiga, 4 Positif Covid-19 di Kecamatan Biringkanaya

Minggu, 25 Oktober 2020 | 18:00 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Di Kecamatan Biringkanaya, rupanya hasil tes swab massal untuk tahap ketiga telah keluar. Hasilnya, ada 4 orang yang dinyatakan positif Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin. Ia mengatakan bahwa 4 positif tersebut berasal dari 227 spesimen yang diperiksa. 

pt-vale-indonesia

“Hasilnya (tes swab) telah keluar, 4 orang positif dari pemeriksaan di laboratorium Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK),” ungkap Naisyah, Minggu (25/10/2020).

Menurutnya, angka tersebut tergolong kecil apabila dibandingkan dengan jumlah sampel yang diperiksa. Ini artinya, kata dia, kasus penyebaran Covid-19 di Kecamatan Biringkanaya bisa dikendalikan.

“Jika melihat sampel yang diperiksa hanya sedikit yang positif, padahal di sana kawasan padat penduduk,” ucapnya. 

Selanjutnya, Naisyah mengatakan, jika pihaknya akan melakukan tracking. Ditujukan terhadap siapa saja yang pernah melakukan kontak dengan masyarakat yang terkonfirmasi positif tersebut.

“Yang tadi baru didapat hasilnya akan di tracking oleh Puskesmas. Kalau dia bisa isolasi mandiri di rumah, yah di rumah saja. Kalau tidak memenuhi syarat rumahnya 10 orang satu rumah yah kita bekerjasama dengan duta Covid-19 provinsi,” bebernya. 

Hal itu dilakukan untuk mengurangi risiko penularan. Setiap satu kasus positif terkonfirmasi, maka secepatnya harus segera dilakukan pencegahan.

“Yang positif akan di tracing lagi keluarganya, datangi lagi rumahnya. Kalau ada ditemukan 1 kasus positif maka akan di tracking kembali. Paling tidak tidak menular ke tempat lain,” tutupnya. (*)


BACA JUGA