Dilan saat memaparkan programnya di Debat Perdana Pilwalkot Makassar, Sabtu (7/11/2020)

Ini Tiga Fakta Keunggulan DILAN dalam Debat Pertama

Sabtu, 07 November 2020 | 23:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pakar Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar, Dr. Samsir Rahim, mengakui debat Pilwalkot Makassar sesi pertama berjalan dengan sangat baik. Tapi dalam perspektif komunikasi politik, pasangan DILAN yang paling unggul dalam sejumlah hal. 

Di mata Wakil Dekan III (WD III) Fakultas Sospol UMM ini, sejumlah keunggulan DILAN itu antara lain:

pt-vale-indonesia

1. Tampil paling tenang dan cair. 

Deng Ical dan Fadli benar-benar memanfaatkan panggung debat untuk memperlihatkan ketenangan dan kekompakan. Keduanya seperti berbalas pantun dan melahirkan gimmick atau bahasa tubuh yang mencerminkan keduanya sangat enjoy melakoni posisi masing-masing. Itu diperkuat lewat tos dengan tangan, dan salam Sombere dalam pembukaan debat sesi 1. 

2. Pasangan DILAN Paling Menguasai Materi

Fakta bahwa Deng Ical dan Fadli Ananda tampil tanpa teks sejak awal, membuat keduanya berada pada posisi yang paling siap dan menguasai materi. Tidak mudah tampil lugas dan tenang jika tidak menguasai materi dengan baik. Itu karena level panggung debat memberi risiko besar jika tampil tanpa teks dan tidak menguasai materi.

3. Fadli adalah wakil yang paling mengejutkan. 

Di antara sejumlah kandidat wakil wali kota, kita harus sepakat bahwa Fadli Ananda berhasil tampil mengejutkan. Fadli mendapat banyak ruang, dan berhasil memanfaatkan ruang itu dengan sangat cerdas. Ibarat umpan bola, Fadli menyelesaikannya dengan sangat cerdas. Menonjol dan berisi. Dalam debat ini, Fadli sukses menjadi striker yang beda dengan wakil-wakil lainnya. 

“Jadi, saya sebagai orang yang paham komunikasi berani menyimpulkan bahwa duet Deng Ical-Fadli Ananda memberi harapan bahwa Makassar bisa punya pemimpin yang tidak sok cerdas, tapi benar-benar cerdas,” tegas mantan aktivis Makassar ini, Sabtu (7/11/2020).

Debat pertama Pilwalkot Makassar 2020 dilaksanakan di Menara Kompas dan disiarkan langsung Kompas TV.(*)


BACA JUGA