Anggota DPRD Kota Makassar, Sahruddin Said (kemeja putih) menggelar Sosialisasi Perda Nomor 1 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pendidikan di Hotel Aerotel Smile, Sabtu (14/11/2020)

Sosialisasi Perda, Sahruddin Said Tekankan Pemerataan Pendidikan

Sabtu, 14 November 2020 | 21:17 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Anggota DPRD Kota Makassar, Sahruddin Said menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pendidikan. Kegiatan berlangsung di Hotel Aerotel Smile, Sabtu (14/11/2020).

Sosialisasi ini mengundang pejabat dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar sebagai narasumber. Ialah Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar Andi Amalia Malik dan Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdik Makassar, Ahmad Hidayat.

Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Ajid ini mengungkapkan bahwa Perda yang diinisiasi DPRD Kota Makassar ini sengaja berfokus di sektor pendidikan. Adapun fokus pembahasan ialah bagaimana peningkatan kualitas, pemerataan penyelenggaraan pendidikan, dan penyebarluasan akses pendidikan bagi anak-anak.

Sekretaris Komisi D DPRD Makassar ini juga mengatakan, Perda tersebut berisi tentang bagaimana pedoman Pemkot bertanggungjawab kepada penyelenggaraan pendidikan. Tak hanya itu, juga mengatur pelaksanaannya dan bagaimana masyarakat mengetahui penyelenggaraan pendidikan di Kota Makassar.



“Intinya, bagaimana pendidikan itu bisa diakses secara merata bagi seluruh masyarakat, tanpa memandang status sosial dan kemampuan ekonomi. Begitu juga kualitas para pengajarnya,” kata Politisi PAN ini.

Olehnya, ia berharap melalui sosialisasi ini masyarakat lebih memahami dan mengetahui hak dan kewajiban warga. Ini agar mereka memperoleh pendidikan yang bermutu.

“Seperti saat ini, meski masih ditengah pandemi tetapi pendidikan harus tetap dijalankan walaupun sistem pembelajarannya dilakukan secara online atau daring. Namun tidak memutuskan semangat kita belajar gunanya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” tutup Ajid.(*)


BACA JUGA