Dirut PD Parkir Makassar Raya, Irham Syah Gaffar (kanan) berfoto bersama Jukir yang telah menerapkan parkir elektronik

Tahun Depan, PD Parkir Makassar Tambah Parkir Elektronik di 5 Jalan Baru

Kamis, 19 November 2020 | 13:19 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Perusahaan Daerah (PD) Parkir Makassar Raya berencana untuk menambah parkir elektronik jenis Hanheld. Lima jalan baru disasar untuk penerapannya dengan target penambahan sebanyak 200 unit.

Adapun kelima jalan tersebut, ialah Jalan Tentara Pelajar, Jalan Sulawesi, Jalan Irian dan Jalan Veteran. Dan kemudian bakal diterapkan pada awal tahun 2021 nanti.

“Mungkin awal tahun lagi, kita mau 200 unit hampir sama dengan empat ruas jalan sebelumnya,” kata Humas PD Parkir Makassar Raya, Asrul.

Sampai sekarang, alat parkir jenis Handheld yang diterjunkan sebanyak 240 unit. Di mana telah beroperasi di empat ruas jalan, yakni di Jalan Pengayoman, Boulevard, Perintis Kemerdekaan dan Hertasning.



Pihaknya, kata dia, juga sempat menyasar penerapan parkir di Anjungan Pantai Losari, tetapi mengingat wilayah tersebut memiliki regulasi khusus. Maka hal ini akan dibicarakan lebih lanjut bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

“Sebenarnya di sana (Anjungan) tidak bisa ada pungutan, entah pengamen, kaki lima, termasuk parkir di dalamnya,” ucap Asrul.

“Nah ini sementara berkoordinasi apakah memungkinkan kita kelola itu barang, dengan harapan adanya kita di sana, penataan-penataan pengelolaannya lebih maksimal di samping menambah pundi-pundi penghasilan daerah,” lanjutnya.

Penerapan parkir elektronik sendiri masih menuai pro dan kontra dari para jukir. Kendati demikian, hal ini dianggap harus diterapkan untuk menekan angka kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD).(*)


BACA JUGA